get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Petugas PPIH Arab Saudi Berangkat ke Arafah Malam ini, Persiapan Menjelang Idul Adha

Kamis, 07 Juli 2022 | 08:43 WIB
header img
Jamaah haji wukuf di Padang Arafah. (Foto: Dok Okezone.com)

MAKKAH - iNewsMadiun.id Petugas haji yang tergabung Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah berangkat ke Arafah pada 7 Dzulhijjah malam atau 6 Juli 2022 waktu Arab Saudi (WAS).

Pemberangkatan ini secara bertahap untuk menyambut kedatangan jamaah haji jelang puncak saat wukuf di Arafah.

Petugas haji ini bertugas sebagai satuan tugas (satgas) Arafah yang berasal dari daerah kerja (daker) Bandara.

 

"Pertama kita persiapkan keberangkatan petugas ke Masyair, mulai tanggal 7 malam nanti petugas dari daker bandara akan berangkat ke Arafah akan mempersiapkan sesuatunya memastikan tenda dan layanan lainnya," kata Kepala Satuan Operasional Masyair/Armuzna Nasrullah Jasam kepada Media Center Haji (MCH) di Makkah, Rabu (6/7/2022).

 

Satgas Arafah akan bertugas pada 8 Dzulhijjah dan 9 Dzulhijjah di Arafah sebelum kedatangan jamaah dari Makkah menuju Arafah.

 

Kemudian, satgas Muzdalifah yang merupakan petugas daker Makkah akan bergerak ke Arafah pada 8 Dzulhijjah. Satgas Muzdalifah juga akan wukuf di Arafah.

"Kemudian tanggal 9 Dzulhijjah jam 5 sore mereka bergerak ke Muzdalifah untuk bertugas di Muzdalifah," kata Nasrullah.

Sementara satgas Mina berasal dari petugas daerah kerja Madinah juga akan bergerak ke Arafah pada 8 Dzulhijjah sore waktu Arab Saudi dan melakukan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah.

"Tanggal 9 wukuf di arafah dan bergeser berbarengan dengan teman-teman daker Makkah untuk bertugas di Mina selama 4 hari mulai dari 10-11-12 dan 13 Dzulhijjah untuk mengantisipasi jamaah yang mengambil nafar tsani," katanya.

Nasrullah menjelaskan seluruh satgas sudah berkomunikasi dan bersosialisasi jelang puncak haji 2022.

Di 3 wilayah ini juga akan memiliki wakil kepala satuan operasional  waktu lalu dan sudah sinergi baik dengan sesama petugas di daerah kerja ini maupun dengan pihak Arab Saudi dalam hal ini para penyedia layanan Muassasah dari maktab, kita ada 43 maktab yang terjalin dengan baik perihal pelayanan puncak haji 2022 

Nasrullah mengatakan, sejauh ini sudah ada komunikasi yang terjalin dengan baik perihal pelayanan puncak haji 2022 dengan pihak Muassasah.

 

"Diharapkan nanti pada saatnya mereka akan bahu membahu sama-sama melayani dan mengawasi pelayanan selama di Masyair. Insya allah mereka sudah bersinergi dan semua di bawah kendali kepala satuan operasional masyair atau Amuzna.iNewsMadiun

 

 

 

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut