Ramai Kabar Jokowi Tak Disambut Petinggi Amerika Serikat, Begini Penjelasan Kemenlu

Raka Dwi Novianto
Presiden Jokowi tiba di AS dalam rangka mengikuti pertemuan ASEAN-US Special Summit (dok: Setpres)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Ramai kabar soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak mendapat sambutan pejabat tinggi di Amerika Serikat (AS) saat tiba di Washington DC, Selasa (11/5/2022) malam waktu setempat. Jubir Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah pun buka suara. Menurut Teuku kunjungan Jokowi ke Washington DC pada dasarnya untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi dalam ASEAN-US Special Summit. Adapun, seluruh kepala negara yang datang diberikan penyambutan yang serupa oleh AS. 

"Bagi Indonesia memang kunjungannya dalam rangka ASEAN dan kalau dibandingkan semua pemimpin negara (di) ASEAN yang datang pun diterima pada level yang sama," tutur Teuku saat dihubungi MNC Portal, Kamis,(12/05/2022). Teuku pun mengatakan bahwa masyarakat harus dapat membedakan antara penyambutan kunjungan kenegaraan (bilateral), kunjungan resmi dan kunjungan kerja. Menurutnya kunjungan Jokowi ke Washington termasuk dalam kunjungan kerja untuk menghadiri kegiatan ASEAN.

"Jadi sifatnya adalah kunjungan kerja,"kata dia. Penyambutan seperti itu pun, kata Teuku juga dilakukan oleh Indonesia saat menyambut kepala negara dalam KTT ASEAN di Jakarta. Dia melihat hal tersebut sudah sesuai dari sisi protokoler saat menyambut tamu dalam kerangka kunjungan kerja.  "Sama seperti kita melakukan KTT ASEAN di Jakarta yang menyambut kepala-kepala negara adalah pejabat pada level Dirjen dari Kementerian Luar Negeri," ucap dia. Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi dan Iriana beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa 10 Mei 2022 sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB.

Setelah menempuh kurang lebih 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, Pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat tersebut.  Bersama kepala negara lainnya, Jokowi akan dijadwalkan menghadiri pertemuan KTT khusus ASEAN-AS atau  ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari. Kunjungan kerja itu berlangsung sejak Rabu,(11/05/2022) hingga Jumat, (13/05/2022).
 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network