Negara Ini Punya Menteri Kebahagiaan, Apa Saja Tugasnya?

Jeanny Aipassa
Pemandangan Kota Dubai. (Foto: dok iNews)

Hanya dengan mengantongi kartu penduduk Dubai, Anda dapat menikmati manfaat atau fasilitas yang benar-benat tanpa biaya alias Free. Apa saja fasilitas dan layanan gratis yang diperoleh penduduk Dubai?

1. Setiap anak dari penduduk Dubai yang lahir, mendapat biaya rumah sakit gratis bahkan hingga check up dan perawatan kesehatan secara gratis hingga 9 bulan.

2. Saat anak Dubai masuk ke sekolah dasar, semua biaya juga gratis. Bahkan Anda dapat menempuh pendidikan atau kuliah di luar negeri juga secara gratis karena dibayar pemerintah.

3. Ketika memutuskan untuk menikah, pasangan penduduk Dubai akan mendapat 20.000 dolar AS atau sekitar Rp313,822 juta dari pemerintah untuk biaya pernikahan.

4. Setelah menikah, setiap pasangan yang berkeluarga memperoleh tanah gratis untuk membangun rumah. Jika tak memiliki dana untuk membangun rumah, maka mereka dapat mengajukan pinjaman ke bank untuk membangun rumah dengan bunga nol persen.

5. Untuk perawatan kesehatan, Pemerintah Dubai memberikan layanan yang mencengangkan untuk penduduknya. Jika penyakit yang diderita warga Dubai tak dapat diobati di rumah sakit di negara itu, maka pasien akan dikirim ke rumah sakit terbaik di luar negeri untuk mendapat perawatan bahkan menjalani operasi yang seluruh biayanya juga ditanggung pemerintah. 

6. Salah satu layanan Pemerintah Dubai yang menakjubkan adalah perlindungan kepada penduduk lanjut usia (lansia). Penduduk lansia Dubai mendapatkan banyak potongan atau diskon untuk banyak biaya.  Tak hanya itu, jika penduduk lansia tersebut hidup sendiri, maka mereka secara rutin mendapat kunjungan dari petugas kesehatan dan petugas sosial untuk mengecek kesehatan dan keadaan mereka. 

7. Saat ada penduduk yang meninggal dunia, pemerintah akan memberikan layanan gratis mulai dari tempat disemayamkannya jenazah yang lengkap dengan tenda berpendingin udara, hingga upacara pemakaman yang difasilitasi pemerintah.    

Berkat terobosan yang dilakukan tersebut, tingkat kebahagiaan penduduk Dubai dikabarkan meningkat. Hasil survei menunjukkan kebahagiaan karyawan di UEA meningkat 24 persen antara 2016-2018. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah di berbagai negara untuk memerhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Namun apa yang dilakukan pemerintah Dubai bukan hanya sekadar menyejahterahkan tapi juga untuk membuat penduduknya bahagia.  Meski demikian, layanan dan fasilitas serba gratis ini hanya dapat dinikmati penduduk lokal Dubai yang jumlahnya sekitar 15 persen dari total penduduk sebesar 3-4 juta orang. 

Artikel ini telah tayang di  https://www.inews.id/finance/bisnis/negara-ini-punya-menteri-kebahagiaan-apa-saja-tugasnya?utm_source=inews-network_widget&utm_medium=internal_networks.
 

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network