Daftar 16 Negara Lolos Piala Asia U-20 2023: Timnas Indonesia U-20 Bersanding dengan Jepang-Korsel

Rivan Asri Rachman, Okezone
Daftar 16 Tim yang Lolos Piala Asia U-20 2023. (Foto: PSSI)

DAFTAR 16 negara yang lolos Piala Asia U-20 2023 telah lengkap. Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 yang sudah memastikan diri lolos bakal bersanding dengan tim kuat seperti Jepang dan Korea Selatan. Turnamen digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023 mendatang,

Dua tim terakhir baru saja bergabung dengan 14 tim yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2023. Kedua tim yang dimaksud adalah Australia dan Irak yang baru mengakhiri Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada Selasa 18 Oktober 2022 waktu setempat.

Baik Australia dan Irak berasal dari Grup H. Australia lolos dengan status juara Grup H, sementara Irak lolos dengan status lima runner-up terbaik usai finis kedua di Grup H.

Berbeda dengan grup-grup lain yang sudah menyelesaikan babak kualifikasi pada 18 September lalu, Grup H justru baru memainkan fase grupnya pada 14 Oktober 2022 kemarin. Hal itu dikarenakan adanya perubahan tuan rumah pada Grup H tersebut.

Awalnya Irak menjadi tuan rumah di Grup H tersebut. Namun, karena masalah politik yang sedang panas di Irak, maka AFC memutuskan untuk mengganti tuan rumah dan menunjuk Kuwait.

Pergantian tuan rumah membuat pertandingan-pertandingan Grup H diundur hingga pertengahan Oktober 2022 ini. Grup H sendiri terdiri dari Australia, Irak, India, dan Kuwait.

Setelah melalui pertarungan-pertarungan sengit, Australia lantas lolos dengan status jawara grup usai mengoleksi 9 poin usai menang di tiga laga yang dimainkan. Sementara Iran yang mengumpulkan enam poin sukses lolos dengan status runner-up terbaik.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network