get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina, Tentara Bayaran Ukraina dari 63 Negara, Terbanyak dari Polandia

Senin, 18 April 2022 | 16:32 WIB
header img
Rusia menyebut ada 6.800 tentara bayaran asing yang berperang untuk Ukraina, berasal dari 63 negara (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsMadiun.id - Update Perang Rusia-Ukraina. Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia memaparkan data jumlah tentara bayaran asing yang berperang membantu Ukraina. Total ada 6.824 tentara bayaran asing di Ukraina yang berasal dari 63 negara.

Juru Bicara Kemhan Rusia Igor Konashenkov mengatakan, dari total 6.824 tersebut, 1.035 di antaranya terbunuh dan ribuan lainnya masih bertahan. Selain itu sekitar 400 tentara terjebak di Mariupol, kota pelabuhan yang menjadi medan pertempuran sengit. 

Konashenkov menjelaskan, tentara bayaran asing terbanyak datang dari Polandia, negara tetangga Ukraina, yakni berjumlah 1.717 orang. Selain itu sekitar 1.500 orang datang dari Amerika Serikat, Kanada, dan Rumania.  Kemudian dari Inggris dan Georgia sekitar 300 orang dan 193 lainnya datang dari wilayah Suriah yang dikuasai Turki. Sisanya berasal dari negara-negara Eropa dan sebagian Asia.

Konashenkov melanjutkan, sebanyak 912 tentara bayaran asing sudah kabur dari Ukraina. Sementara 4.877 lainnya masih aktif dan ditempatkan di beberapa kota seperti Kiev, Kharkov, Odessa, Nikolaev, serta Mariupol. Sekitar 400 pasukan yang berada di Mariupol bertahan di pabrik baja Azovstal. Pabrik yang dibangun pada era Uni Soveit itu merupakan kompleks industri sangat besar dengan luas 11 kilometer persegi.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut