get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina, PBB Resmi Pecat Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia

Jum'at, 08 April 2022 | 11:53 WIB
header img
Dewan HAM PBB memutuskan memecat Rusia (Foto: Reuters)

"Kami memastikan pelanggar hak asasi manusia yang gigih dan kejam tidak akan diizinkan untuk menduduki posisi kepemimpinan hak asasi manusia di PBB," katanya dalam sambutan yang disampaikan ke Majelis Umum pada Kamis (7/4).

Berbicara setelah pemungutan suara, Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Gennady Kuzmin menggambarkan langkah itu sebagai "langkah yang tidak sah dan bermotivasi politik" dan kemudian mengumumkan bahwa Rusia telah memutuskan untuk keluar dari Dewan HAM sama sekali.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya mengatakan kepada wartawan, Rusia tidak bisa mengajukan pengunduran diri setelah dipecat.

Sementara itu, setelah abstain pada dua suara Majelis Umum sebelumnya, mitra Rusia China menentang resolusi tersebut pada Kamis (7/4).

"Langkah tergesa-gesa di Majelis Umum, yang memaksa negara-negara untuk memilih pihak, akan memperburuk perpecahan di antara negara-negara anggota dan mengintensifkan konfrontasi antara pihak-pihak terkait - ini seperti menambahkan bahan bakar ke dalam api," kata Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun sebelum pemungutan suara.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut