get app
inews
Aa Read Next : 12 Bangunan Bersejarah yang Masih Kokoh Berdiri, Nomor 2 Jadi World Heritage

Inilah 6 Wisata Sejarah yang Kalian Wajib Datangi, Nomor 3 Erat dengan Perjuangan Pahlawan

Kamis, 17 Februari 2022 | 09:01 WIB
header img

SURABAYA, iNewsMadiun.id -   Seperti yang kita ketahui, kota Surabaya menjadi saksi bisu atas terjadinya peristiwa 10 November 1945 yang terjadi lantaran rakyat Indonesia bersikukuh untuk mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Tidak heran jika kota Surabaya dijuluki kota Pahlawan, julukan ini merupakan bentuk penghormatan atas terjadinya peristiwa tersebut. Surabaya juga dikenal dengan banyaknya peninggalan bersejarah, mulai dari gedung hingga monumen yang berdiri kokoh disini. Jika anda tengah berlibur di kota ini, ada baiknya anda mengunjungi wisata bersejarahnya.

Berikut rangkumkan, 6 tempat wisata bersejarah di Surabaya yang wajib anda kunjungi:

1. Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November

Tugu Pahlawan merupakan ikon kota Surabaya yang berdiri di atas area Taman Kebonrojo atau di seberang kantor Gubernur Jawa Timur. Di lokasi ini juga terdapat Museum Sepuluh November yang memiliki bentuk bangunan seperti piramida.

Museum dan Tugu ini dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang kemerdekaan Indonesia. Di Museum ini juga anda akan menemukan berbagai macam dokumentasi perjuangan rakyat Surabaya seperti transkrip suara Bung Tomo saat menyemangati pejuang melawan pasukan sekutu.

2. Museum Surabaya atau Gedung Siola

Museum ini dulunya adalah sebuah bangunan perusahaan yang menjual pakaian khas Inggris dengan nama White Laidlaw. Sejarah menyebutkan bahawa dulu gedung ini menjadi tempat pertahanan para sekutu, namun setelah kemerdekaan gedung ini beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan dan kini Gedung Siola dijadikan sebuah Museum.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut