get app
inews
Aa Read Next : Rentetan Gempa Bumi di Barat Pulau Bawean, Terasa hingga Jakarta

Gempa Jepang Tewaskan 15 Orang di Prefektur Ishikawa

Selasa, 02 Januari 2024 | 12:10 WIB
header img
Dampak gempa Jepang, Senin (1/1/2024), mengakibatkan kerusakan fatal. Foto NHK

“Pencarian dan penyelamatan mereka yang terkena dampak gempa adalah perjuangan melawan waktu,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida dalam pertemuan darurat bencana Selasa (2/1/2023). Kishida mengatakan tim penyelamat merasa sangat sulit mencapai ujung utara semenanjung Noto karena jalan-jalan yang rusak, dan survei helikopter telah menemukan banyak kebakaran dan kerusakan luas pada bangunan dan infrastruktur.

Lembaga penyiaran publik NHK mengatakan delapan kematian telah dilaporkan di kota Wajima yang terkena dampak paling parah di dekat pusat gempa, sementara di dekat Suzu beberapa dokter tidak dapat mencapai rumah sakit yang mengandalkan generator cadangan untuk listrik.

Kepolisian Nasional menyatakan enam orang dipastikan tewas, dan Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana menyatakan 19 orang dalam keadaan serangan jantung. Lebih dari 90 getaran telah terdeteksi sejak gempa pertama terjadi pada hari Senin, menurut Badan Meteorologi Jepang. Badan tersebut telah memperingatkan guncangan yang lebih kuat dapat terjadi dalam beberapa hari mendatang. Di Kota Toyama, sekitar 100 km (60 mil) dari daerah yang terkena dampak paling parah, beberapa rak di toko-toko kosong karena bencana tersebut mengganggu pengiriman barang ke seluruh wilayah tersebut.

Presiden Joe Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Amerika Serikat siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan kepada Jepang setelah gempa bumi. “Sebagai sekutu dekat, Amerika Serikat dan Jepang memiliki ikatan persahabatan mendalam yang menyatukan rakyat kami. Pikiran kami bersama rakyat Jepang selama masa sulit ini,” ujarnya.

Pemerintah Jepang memerintahkan lebih dari 97.000 orang untuk mengungsi dari rumah mereka pada Senin malam, mengirim mereka ke gedung olah raga dan gedung olahraga sekolah, yang biasa digunakan sebagai pusat evakuasi dalam keadaan darurat. Banyak dari mereka kembali ke rumah mereka pada hari Selasa ketika pihak berwenang mencabut peringatan tsunami.

Namun sekitar 33.000 rumah tangga masih mengalami pemadaman listrik di prefektur Ishikawa pada Selasa pagi, menurut situs web Hokuriku Electric Power. Sebagian besar wilayah di semenanjung Noto bagian utara juga tidak memiliki pasokan air, lapor NHK.

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut