get app
inews
Aa Read Next : Rentetan Gempa Bumi di Barat Pulau Bawean, Terasa hingga Jakarta

Ini Dampak Gempa Bumi Bantul Yogya, Getaran Terasa hingga Mojokerto

Jum'at, 30 Juni 2023 | 22:10 WIB
header img
Sejumlah rumah di daerah Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta mengalami kerusakan pascagempa. Foto/MPI

BANTUL, iNewsMadiun.id - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang wilayah perairan Kabupaten Bantul, Jumat (30/06/2023) malam sekitar pukul 19.55 WIB. Akibat guncangan yang lumayan terasa hingga di Madiun, Jawa Timur, sejumlah warga Bantul panik hingga berlarian keluar rumah. Berdasarkan informasi dari BMKG DIY, gempa bumi berpusat di 8,6 kilometer barat daya Bantul dengan kedalaman 25 kilometer. Salah satunya yang merasakan kepanikan akibat guncangan gempa adalah Antonius Rian, Warga Cimpon, Tirtosari, Kretek Bantul. Saat kejadian dirinya tengah duduk bersantai di luar rumah tiba-tiba dikagetkan dengan suara gemuruh."Suara gemuruhnya terdengar dari arah selatan terus semakin mendekat," ujarnya, Jumat (30/06/2023).

Karena panik, ia langsung berlari ke arah jalan. Saking paniknya, ia sampai lupa jika neneknya yang kesulitan berjalan masih di dalam rumah. Ia pun langsung bergegas kembali masuk untuk menyelamatkan neneknya. "Hampir lupa. Di tengah goncangan gempa saya langsung balik lagi masuk ke rumah buat gendong nenek keluar," katanya. Hal serupa juga dirasakan oleh Jayadi, warga setempat, dirinya sampai terjatuh saat berusaha menjauh dari bangunan ketika dirinya merasakan goyangan gempa. "Saya baru ngopi, kaget langsung lari," katanya.

Dilansir dari Sindonews, BMKG menyebutkan, pusat gempa berada di 86 km barat daya Bantul DIY pada koordinat 8.63 Lintang Selatan -110.08 Bujur Timur. "Info Gempa dirasakan mag:6.4, lokasi:Pusat gempa berada di Laut 86 Km Barat Daya Bantul, waktu:30-Jun-23 19:57:43 WIB, kedalaman:25 Km, gempa ini dirasakan(MMI):IV Kulonprogo, IV Nganjuk, IV Kebumen , IV Ponorogo, III - IV Kediri, III Mojokerto," ungkap BMKG dalam keterangan resminya. BMKG mengatakan gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala MMI IV Kulonprogo, IV Nganjuk, IV Kebumen , IV Ponorogo, III - IV Kediri, III Mojokerto.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut