get app
inews
Aa Read Next : Ini Identitas Pilot Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

Canon dan FDR Super Tucano Sudah Ditemukan, Ini yang Dilakukan TNI AU

Sabtu, 18 November 2023 | 18:18 WIB
header img
Bangkai pesawat Super Tucano saat jadi tontonan warga sekitar (Foto: Istimewa)

MALANG, iNewsMadiun.id - TNI AU berhasil mengamankan Flight Data Recorder (FDR) dan peralatan persenjataan dari satu pesawat super tucano yang jatuh di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Kamis (16/11/2023). Kini FDR dan sistem persenjataan  sudah berada di Lanud Abdulrahman Saleh, Malang. Proses evakuasi FDR dilakukan sejak Jumat (17/11/2023) lalu. "Sementara saya sampaikan canon senjata pesawat yang sudah diungsikan. Yang diamankan senjata meskipun tidak ada amunisinya," ungkap Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI Angkatan Udara (AU) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati seperti dilaporkan iNews.id, Sabtu (18/11/2023).

Agung menjelaskan, dua sistem persenjataan yang dievakuasi tidak ada amunisinya. Persenjataan sangat penting dievakuasi agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Sementara untuk proses evakuasi badan pesawat Super Tucano belum diketahui jadwalnya. "Senjatanya juga sudah, dua-duanya juga dibawa, tapi badan pesawat belum ada informasi kalau sudah diangkut. Memang senjata sudah dilepas, sudah dibawa senjata lain," ucapnya.

Elemen penting lainnya, petugas berhasil mengevakuasi FDR. Alat rekam penerbangan tersebut kini sedang dalam proses identifikasi. Selanjutnya bakal diserahkan ke tim Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI (Puslaiklambangjaau). "Sementara nanti tim Puslaiklambangjaau yang akan memeriksa itu, kelihatannya datanya bisa dibaca di tempat kita, namun tentu kami punya satu bagian dari informasi," katanya.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut