get app
inews
Aa Read Next : Kapolri Tertawa, Gaya Jogetnya saat 17-an di Istana Disebut Penuh Tekanan gegara Kasus Sambo

Negara di Afrika Tengah Ini Merdeka pada 17 Agustus, Seperti Apa Sejarahnya?

Rabu, 16 Agustus 2023 | 11:28 WIB
header img
Gabon adalah negara dengan tanggal kemerdekaannya sama dengan Republik Indonesia yakni pada 17 Agustus. Foto:maphil.com
MADIUN, iNewsMadiun.id - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati pada Kamis (17/8/2023). Ternyata selain Indonesia, ada negara yang merayakan hari Kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus. Negara di Afrika tengah ini tepatnya merdeka dari penjajahan pada 17 Agustus 1960. Gabon mengklaim pembebasannya dari Prancis.
 
Pada hari itu, penduduk setempat mengadakan perayaan, konser, parade, dan pertunjukan kembang api sebagai pengingat hari kemerdekaan. Seperti di Indonesia, peringatan hari Kemerdekaan Gabon juga untuk mendidik generasi muda dan mewariskan kekayaan sejarah negara. Untuk menghormati peringatan Hari Kemerdekaan negara mereka, semua perusahaan komersial dan administrasi ditutup.

Dilansir dari situs Kemenlu RI, Rabu (16/8/2023), Republik Gabon adalah sebuah negara berdaulat di pantai barat Afrika Tengah yang terletak di garis khatulistiwa dan berbatasan dengan Guinea Ekuatorial, Kamerun, Republik Kongo, dan Teluk Guinea. Dengan luar wilayah sekitas 270.000 kilometer persegi, populasi Gabon diperkirakan mencapai 1,7 juta orang.Sejak Kemerdekaannya dari Perancis pada 17 Agustus 1960, Gabon memiliki tiga presiden. 

Pada awal 1990-an Gabon mengadopsi sistem multi partai dan konstitusi demokratis untuk proses pemilu yang lebih transparan. Pada saat itu juga, banyak lembaga pemerintah Gabon mengalami reformasi birokrasi. Gabon merupakan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2010-2011.

Setelah kematian mantan Presiden Bongo El Hadj Omar Bongo Ondimba yang merupakan salah satu mantan kepala negara terlama di Afrika pada tahun 2009, Gabon dipimpin oleh anak mantan Presiden Bongo, Ali Bongo. Meskipun kondisi politik dibatasi dan populasi yang kecil, dengan sumber daya alam yang melimpah dan dukungan asing yang cukup telah membuat negara ini menjadi lebih stabil. Hal tersebut telah membuat Gabon menjadi negara termakmur dengan tingkat GDP tertinggi ketiga dikawasan sub-sahara setelah Equatorial Guinea dan Botswana.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut