get app
inews
Aa Read Next : Diperkirakan Telan Biaya Rp 1 Miliar, Wali Kota Dr Maidi Berangkatkan 30 Marbot Umrah ke Tanah Suci

Bandara Juanda Jadi Opsi Pemberangkatan Jemaah Umrah

Sabtu, 08 Januari 2022 | 04:32 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Bandara International Juanda di Sidoarjo menjadi opsi sebagai titik pemberangkatan jemaah Umrah. Kementerian Agama (Kemenag) sudah berkoordinasi dengan Pangdam V/Brawijaya terkait pemberangkatan dan pemulangan jemaah umrah Indonesia.  Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Nur Arifin mengatakan, telah bertemu dengan Pangdam Brawijaya untuk membahas hal tersebut.

BACA : Jemaah Umrah Naik Garuda dan Saudi Airlines

Menurut Arifin, Bandara Juanda saat ini hanya digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI). Kemenag memikirkan bagaimana agar jemaah umrah tidak hanya terpusat di Jakarta saja, sehingga bisa dipecah untuk mencegah penumpukan.

 "Tadi ke Surabaya dengan Direktur Angkutan Udara, rapat dengan Pangdam Brawijaya Jatim. Kita minta ke pangdam agar bisa juga umrah, karena kalau semuanya di Jakarta nanti ada penumpukan," kata Arifin dihubungi, Jumat (7/1/2022) malam. Arifin mengatakan dirinya mendapat informasi dari Komandan Satgas Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta, Letnan Kolonel Agus Listiono, yakni 1.500 kamar hotel karantina di Jakarta sudah penuh. "Maka dipikirkan perlu ada pemecahan supaya tidak menumpuk di Jakarta," ujar Arifin.

BACA : Hari Ini Jemaah Umrah Bertolak ke Tanah Suci

Menurut Arifin, Pangdam Brawijaya yang juga Komandan Satgas Covid-19 Jatim mengaku akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat itu dan siap untuk melaksanakannya. "Kami tadi menemui Pangdam Brawijaya apakah memungkinkan dilakukan umrah di Surabaya. Pangdam menjawab siap. Direktur Angkutan Udara, Maria Kristi juga mendorong Juanda bisa untuk umrah. Makanya lagi berproses," ujarnya. Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 2 Tahun 2022 mengatur tiga bandara yang menjadi pintu masuk (entry point) perjalanan internasional, yakni Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sam Ratulangi Manado. 
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut