get app
inews
Aa Read Next : Pelayanan Satpas Polres Madiun Mbulet, Warga Kecewa Berat Ditolak Perpanjang Masa Berlaku SIM

Intip 8 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, dari Konsumi Bawang Putih hingga Tidur Nyenyak

Kamis, 16 Maret 2023 | 14:34 WIB
header img
Intip 8 cara menurunkan darah tinggi di usia muda. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Cara menurunkan darah tinggi di usia muda bisa disimak pada artikel ini. Hipertensi atau darah tinggi juga menyerang anak-anak muda. Penyakit ini bisa mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung. Demi mencegah hipertensi di usia muda, Anda harus menjaga darah agar tetap sehat dan terkontrol.

Cara menurunkan darah tinggi di usia muda, seperti dilansir iNews.id pada Kamis (16/3/2023).

1. Rutin perbanyak aktivitas dan berolahraga

Cara yang pertama, yakni rutin berolahraga. Cara satu ini bisa meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Seiring berjalannya waktu, jantung Anda akan menjadi lebih baik dan kuat dalam memompa darah. Hal itu bisa mengurangi tekanan darah.

2. Kurangi gula

Sejumlah penelitian menunjukkan, membatasi gula bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah. Sebab, menurut sebuah ulasan tahun 2014, gula bisa meningkatkan tekanan darah, bahkan melebihi garam.

3. Stop merokok

Merokok mengakibatkan peningkatan tekanan darah dan peningkatan detak jantung secara langsung. Sementara dalam jangka panjang, bahan kimia pada tembakau bisa meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah.  Hal itu mengakibatkan peradangan dan mempersempit arteri. Arteri yang mengeras bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi.

4. Kurangi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, hingga penyakit kardiovaskular. Sebab itu, kurangi garam dalam makanan saat memasak, dan hindari makan di restoran terlalu sering. Cara tersebut, bisa menurunkan atau mencegah tekanan darah tinggi.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut