get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Dunia di Arab Saudi

Masuk Angin karena Cuaca Tak Menentu, Ini 3 Alternatif Cara Selain Kerokan

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:37 WIB
header img
Ilustrasi kerokan(Foto: Dokter Sehat/iNews)

CUACA kadang panas terik, kadang berangin, lalu tiba-tiba sore hingga malam turun hujan dalam durasi lama. Cuaca tak menentu ini hampir terjadi di seluruh Indonesia.

Kondisi seperti ini membuat banyak orang rentan masuk angin, karena kerap kehujanan dan terpapar cuaca dingin. Sebagian besar masyarakat awam di Indonesia memilih kerokan sebagai pengobatan tradisional rumahan untuk mengusir masuk angin.

Ternyata, masih banyak cara yang bisa dilakukan tanpa kerokan dan minum obat. Berikut beberapa cara alternatif selain langsung kerokan dan minum obat dihimpun dari Livestrong, Healthline, Wellandgood dan laman resmi P2PTM Kementerian Kesehatan RI, Selasa (31/1/2023).

1. Makan sehat:

Ini penting karena asupan sehat bisa bantu meningkatkan sistem imunitas untuk melawan sakit. Saat masuk angin, usahakan makan sayur-sayuran hijau dan buah terutama yang tinggi vitamin C. Selain vitamin, buah dan sayur juga sumber mineral dan serat. 

"Dengan vitamin C yang meningkatkan kekebalan, misalnya jeruk yang bisa bantu tubuh mempertahankan diri dari infeksi tertentu," kata Lisa Moskovitz, RDN,

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut