Logo Network
Network

Matahari Tertutup Bulan, Begini Penampakannya

Dini Listiyani, iNews.id
.
Sabtu, 26 November 2022 | 12:01 WIB
Matahari Tertutup Bulan, Begini Penampakannya
Satelit Luar Angkasa Rekam Video Bulan Melewati Matahari (Foto: GOES-SUVI)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Penampakan bulan di depan matahari terekam Satelit GOES, pekan ini. Bulan melakukan photobomb pamungkas saat bergerak di depan Matahari dan menghalangi permukaan matahari yang menyala-nyala. 

Satelit GOES yang mengamati Matahari dan instrumen  Solar Ultraviolet Imager (SUVI) menangkap pertunjukan kosmik sambil mengamati atmosfer luar Matahari yang panas atau corona. Photobomb adalah gerhana Matahari yang hanya terlihat di luar angkasa dan berlangsung selama beberapa jam. 

Satelit mengamati emisi Matahari yang bertindak sebagai tanda peringatan jilatan api Matahari, yang dapat menyebabkan pemadaman listrik di Bumi, dan menangkap filamen yang meletus di ujung barat laut dekat kutub begitu bulan menghilang. "Namun, kita mungkin melihat periode terisolasi badai geomagnetik di tingkat G1 (kecil) karena pengaruh angin Matahari berkecepatan tinggi dari lubang koronal," lapor EarthSky.

Bulan membentuk siluet antara 10:30 hingga 12:00 UTC pada 23 November. Gambar Bulan menghalangi sebagian Matahari dibagikan di Twitter, di mana seorang pengguna mengatakan, 'bulan terlihat seperti menggigit matahari.' Pengamatan emisi Matahari membantu dalam deteksi dini jilatan api Matahari, coronal mass ejections (CMEs), dan fenomena lain yang berdampak pada lingkungan geospace.

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.