get app
inews
Aa Read Next : Pelayanan Satpas Polres Madiun Mbulet, Warga Kecewa Berat Ditolak Perpanjang Masa Berlaku SIM

Matahari Tertutup Bulan, Begini Penampakannya

Sabtu, 26 November 2022 | 12:01 WIB
header img
Satelit Luar Angkasa Rekam Video Bulan Melewati Matahari (Foto: GOES-SUVI)

Peringatan dini yang diberikan ketika SUVI mengamati letusan matahari datang setidaknya 15 jam sebelum CME terkait tiba di Bumi, sebagaimana dikutip dari DailyMail. CME adalah pengusiran besar plasma dan medan magnet dari korona Matahari. Mereka dapat mengeluarkan miliaran ton bahan koronal dan membawa medan magnet tertanam (beku dalam fluks) lebih kuat dari kekuatan medan magnet antarplanet (IMF) angin matahari latar belakang. Sementara gerhana ini tidak terlihat di Bumi, orang-orang di AS menyaksikan tampilan kosmik yang menakjubkan dari bulan berwarna kemerahan yang tergantung di langit yang gelap pada 8 November.

Dikenal sebagai bulan darah, itu terjadi ketika bayangan bumi menutupi bulan dan menghalangi pantulan semua sinar matahari langsung - ini menyebabkan warna bulan meredup dan berubah menjadi merah tembaga. Totalitas puncak - tahap gerhana di mana Bulan sepenuhnya berada dalam bayangan Bumi - terjadi sekitar pukul 5:00 pagi ET. Bulan merah besar terlihat di atas New York City, Washington DC, Virginia, dan bagian lain AS hingga kembali ke warna keperakannya sekitar dua jam kemudian.

Artikel ini telah tayang di https://www.inews.id/techno/sains/satelit-luar-angkasa-rekam-video-bulan-melewati-matahari-halangi-permukaan-yang-menyala-nyala?utm_source=inews-network_widget&utm_medium=internal_networks.

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut