get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Cara Terakhir Italia Lolos ke Piala Dunia Qatar, Timnas Iran Diminta Dicoret Karena Pelanggaran HAM

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 06:15 WIB
header img
Timnas Italia gagal ke Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Umit Bektas)

NEW YORK, iNewsMadiun.id – Aneh-aneh saja. Gagal melalui kualifikasi, FIFA diminta coret Iran dari Piala Dunia 2022. Sebagai penggantinya adalah Timnas Italia. Hal itu disampaikan Tokoh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Paolo Zampolli. Menurut Zampolli, Iran layak didiskualifikasi dari Piala Dunia 2022 lantaran negara itu telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Ada apa? Iran sedang bergejolak karena unjuk rasa masif untuk menentang regulasi negara terhadap perempuan. Namun, aparat keamanan yang melakukan tindakan represif menyebabkan banyak korban berjatuhan. Aparat keamanan Iran menggunakan senjata mematikan untuk meredam amarah rakyatnya sendiri. Lembaga HAM Iran yang berbasis di Norwegia mencatat, setidaknya ada 215 orang, termasuk 27 anak-anak tewas dalam unjuk rasa tersebut.

Zampolli, yang merupakan salah satu tokoh PBB, bersurat kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino. Dalam suratnya, Zampolli meminta Timnas Iran didiskualifikasi dari Piala Dunia karena negaranya telah melanggar HAM. “Tuan Presiden yang terhormat, Caro Gianni. Sekali lagi, dunia menuntut tindakan kepemimpinan Anda segera untuk mendiskualifikasi Iran dari Piala Dunia (2022),” tulis Zampolli dalam surat tersebut, dinukil dari Football Italia, Kamis (27/10/2022).

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut