get app
inews
Aa
Read Next : Ancaman Bom TNT Teror Konser Boyband Korea Selatan NCT 127 di Tangerang Selatan

Intip 7 Fitur Motor Listrik Yamaha E01, Dilengkapi Sim Card dan GPS

Rabu, 19 Oktober 2022 | 00:57 WIB
header img
Fitur Motor Listrik Yamaha E01 (Foto: Yamaha)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Teknologi motor menggunakan bahan bakar fosil kayaknya mulai ditinggalkan. Pabrikan Yamaha mulai mengeluarkan  motor listrik Yamaha E01 yang rencananya akan segera tes jalan di Indonesia sebelum tahun 2023.

Motor ini sejatinya telah diperkenalkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada 2019. Setelah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019, Yamaha pertama kali menampilkan motor E01 di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. 

Lalu secara resmi E01 diperkenalkan dalam press conference bertempat di Head Office PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur, 22 April 2022. Kemudian, motor ini secara resmi diperkenalkan dalam press conference bertempat di Head Office PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur, pada 22 April 2022.

Dikutip iNews.id dari laman resmi Yamaha, E01 dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc. Selain itu, kendaraan ini juga mempunyai performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter). 

E01 memiliki desain futuristik dan mengadopsi fixed battery yang bisa di charge dimanapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging). 

E01 juga diklaim sangat nyaman dikendarai serta memiliki fitur canggih dan cerdas yang mendukung mobilitas pengendara. Lantas, fitur apa saja yang mendukung motor listrik Yamaha E01? Berikut ini adalah ulasannya.

7 Fitur Motor Listrik Yamaha E01:

1. Fitur Battery & Charging System

Skuter listrik (skutik) Yamaha E01 memakai fixed-lithium ion battery berkapasitas 4,9 kWh yang dapat menempuh jarak 104 kilometer dalam kondisi full charging. Motor ini juga dilengkapi dengan konektor charging yang ditempatkan di depan body sehingga bisa memudahkan melakukan charging ketika motor diparkir. 

Tersedia tiga tipe charging yaitu fast charging, normal charging, dan portable charging yang dapat diletakkan di bagasi motor.

2. Fitur Powerful Performance

Yamaha E01 memiliki performa yang setara dengan motor konvensional 125cc. Sebagai motor listrik, E01 dibekali tiga riding mode yakni Power Mode, Standard Mode dan Eco Mode.

3. Fitur Comfortable Ride

Motor listrik Yamaha E01 juga dibekali dengan fitur kenyamanan berkendara yang belum dijumpai pada motor matik lain. Secara desain, E01 memiliki rangka yang dikembangkan berdasarkan pengembangan motor sport Yamaha. 

Hal ini membuat E01 ini memiliki Double Cradle Frame serta Yamaha Controlled Filling (CF) Aluminium Die Casting Swing Arm yang memberikan keseimbangan antara kekuatan dan kekakuan, sehingga membuat bobot kendaraan semakin ringan.

Kemudian, E01 dibekali fitur Dual Channel ABS, Dual Rear Suspension, Traction Control System, juga Belt Drive. Ini seperti memberikan efek getaran yang sangat rendah serta tidak berisik. Selain itu, regenerative brakes yang memberikan deselerasi yang sangat halus ketika tuas gas ditutup (engine brake feeling).

E01 semakin modern dengan Smart Mobility Feature yang mendukung kemudahan berkendara dan lebih informatif. Fitur-fitur terkait smart mobility pada E01 adalah speedometer digital multifungsi, sistem smart key dan reverse mode. 

Lebih menariknya lagi, E01 dilengkapi Y-Connect yang terkoneksi dengan smartphone, dan bermanfaat agar pengendara memantau memantau kondisi berkendaranya.

4. Fitur Y-Connect E01

Mekanisme konektifitas Y-Connect pada E01 tidak lagi menggunakan bluetooth untuk terkoneksi dengan smartphone dalam mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect. 

Motor ini dilengkapi dengan SIM Card sehingga dari motor E01 dapat langsung mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect. Fungsi menu pada Y-Connect di motor E01 adalah untuk informasi kendaraan, riwayat berkendara, konsumsi daya, lokasi parkir, pengaturan.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut