Logo Network
Network

Pimpin Perayaan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina, Putin: Ini Keinginan Jutaan Orang

Anton Suhartono
.
Jum'at, 30 September 2022 | 20:08 WIB
Pimpin Perayaan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina, Putin: Ini Keinginan Jutaan Orang
Vladimir Putin mengumumkan bergabungnya 4 wilayah Ukraina ke Rusia (Foto: Reuters)

LONDON, iNewsMadiun.id - Presiden Rusia Vladimir Putin merayakan bergabungnya empat wilayah Ukraina, Jumat (30/9/2022). Seremoni bergabungnya empat wilayah Ukraina digelar di Hall St George, Istana Kremlin, turut dihadiri perwakilan pemerintah boneka Moskow dari keempat wilayah. "Ini adalah keinginan jutaan orang," kata Putin dalam pidato di hadapan ratusan pejabat tinggi Rusia, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam pidato yang berulang kali disela oleh tepuk tangan itu, Putin menegaskan Rusia memiliki empat wilayah baru, yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia. Pada kesempatan itu Putin mendesak Ukraina untuk menghentikan aksi militer dan mau kembali ke meja perundingan. Seremoni berlangsung 3 hari setelah keluarnya hasil referendum di keempat wilayah.

Hasilnya, di Luhansk dan Donetsk, lebih dari 99 persen penduduk setuju bergabung dengan Rusia, sedangkan di Zaporizhzhia dan Kherson masing-masing lebih dari 93 dan 87 persen. Di tempat berbeda, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertekad untuk merebut kembali semua wilayahnya yang direbut Rusia. Dia menegaskan keputusan Rusia mencaplok keempat wilayah itu sama saja menghancurkan prospek pembicaraan damai.  Disiarkan Live Ukraina dan negara Barat menyebut referendum itu palsu, tidak sah, dan berlangsung di bawah todongan senjata.iNewsMadiun


 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.