get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Timor Leste 1-0, Timnas Indonesia U-23 Jaga Peluang ke Semifinal Piala AFF 2023

Media Belanda: Peraih Nobel Perdamaian Uskup Belo Diduga Lakukan Kekerasan Seksual pada Anak

Kamis, 29 September 2022 | 11:49 WIB
header img
Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo, petinggi Gereja Katolik Timor Leste yang raih Hadiah Nobel Perdamaian. Laporan investigasi mengungkap dia diduga melakukan kejahatan seks terhadap anak-anak. Foto/REUTERS/Jason Reed

Ketika Roberto pindah ke Dili, pelecehan dan eksploitasi seksual pindah ke kediaman uskup di kota. Di sana, Roberto melihat anak-anak yatim piatu tumbuh di kompleks dan anak laki-laki lain yang dipanggil seperti dia. Roberto dan Paulo keduanya mengatakan orang-orang dikirim dengan mobil untuk membawa anak laki-laki yang diinginkan Uskup Belo ke kediaman.

De Groene Amsterdammer telah menghubungi Uskup Belountuk minta tanggapan atas tuduhan para korban, namun dia bergegas menutup teleponnya. Paulo mengatakan Uskup Belo menyalahgunakan posisi kekuasaannya atas anak laki-laki yang hidup dalam kemiskinan ekstrem. "Dia tahu bahwa anak laki-laki tidak punya uang. Jadi ketika dia mengundang Anda, Anda datang dan memberi Anda sejumlah uang.

Tapi sementara itu Anda adalah korban. Begitulah cara dia melakukannya," jelas Paulo. Paulo mengatakan tidak mungkin mengungkapkan apa yang terjadi di kamar Uskup Belo. "Kami takut membicarakannya. Kami takut untuk menyampaikan informasi. Seperti saya, tentang kisah buruk saya dengan Uskup Belo."

Gereja Katolik sangat dihormati di antara orang-orang di Timor Leste, atas peran religiusnya dan sebagai lembaga yang membantu orang dan menawarkan perlindungan. Menurut Roberto, jika tuduhan terhadap Belo dipublikasikan, itu akan menghebohkan negara tersebut dan merusak perjuangan kemerdekaan.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut