get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Kisah Jenderal Sudirman Lolos dari Kepungan Belanda usai Dikhianati Anak Buah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:21 WIB
header img
Jenderal Besar Sudirman (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Banyak kisah masyhur yang bisa diceritakan tatkala membicarakan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Pahlawan nasional kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah dikenal memiliki kharisma, perhitungan matang, tepat serta akurat saat menghadapi penjajah Belanda.

Anak bungsu Jenderal Sudirman, Mohamad Teguh Sudirman mendengar banyak cerita tentang kelebihan ayahnya itu. Teguh lahir pada 1949 ketika ibunya bersembunyi di Keraton Yogyakarta pada saat ayahnya bergerilya.

Dia tak sempat bertemu dengan ayahnya yang meninggal dua bulan sesudah dia lahir. Teguh hanya mendengar kisah Jenderal Sudirman dari sang ibu Siti Alfiah.

 

Salah satunya kisah Jenderal Sudirman yang bisa lolos dari kepungan tentara Belanda yang hendak menangkapnya saat singgah di salah satu rumah rakyat di Kediri, Jawa Timur. Rupanya ada anak buah sang jenderal yang berkhianat.

Pengkhianat itu pun membawa sejumlah tentara Belanda untuk menangkap Sudirman.

Kemudian seorang prajurit melapor tentara Belanda telah mengepung tempat persembunyian mereka kepada Jenderal Sudirman. Lalu sang jenderal yang bersahaja ini mengajak para prajuritnya untuk menggelar zikir kepada Allah SWT.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut