get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Tiga Masjid Terbesar dan Bersejarah di Ukraina, Ada yang Nyaris Terkena Bom Rusia

Senin, 11 Juli 2022 | 21:32 WIB
header img
Masjid Ar Rahma di Kiev, Ukraina. Foto/youtube/wikimapia

KIEV, iNewsMadiun.id  Mayoritas penduduk Ukraina adalah pemeluk Kristen Ortodoks. Namun, selain itu ada juga berbagai agama dan kepercayaan yang tersebar ke seluruh warga negaranya. Salah satunya adalah agama Islam.

Dikutip dari situs Middle East Eye, meskipun menjadi minoritas, sejarah Islam di Ukraina sudah aja sejak dulu. Khususnya ketika penguasa Mongol yang dikenal sebagai Golden Horde masuk Islam pada awal abad ke-14. Setelahnya, mulai banyak didirikan masjid-masjid di negara tersebut.

Berikut beberapa masjid terbesar dan bersejarah di Ukraina.

1. Masjid Ar Rahma

Masjid Ar Rahma berada di Kiev, Ukraina. Dikutip dari Mosqpedia, masjid ini dibangun sekitar abad ke-20, yaitu antara tahun 1996 hingga 2001.

Pembangunan Masjid Ar Rahma dilakukan berdasarkan dana sumbangan umat Islam di Kiev. Dibangun secara bertahap, Masjid ini pertama kali digunakan pada 1998 ketika Sholat Jumat. Setelahnya, pada 2000, Masjid Ar Rahma mulai dibuka sepenuhnya. Lokasinya sendiri berada lereng gunung Schekavitza.

Masjid Ar Rahma dirancang dengan kapasitas yang bisa menampung hingga 3.000 jamaah. Dengan luas sekitar 3.200 meter persegi di tiga aulanya, masjid ini juga dilengkapi menara yang membentang 27 meter ke langit.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut