get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Crazy Rich Surabaya Menang Gugatan lawan Antam, Dapat 1,1 Ton Emas

Rabu, 06 Juli 2022 | 15:07 WIB
header img
Ilustrasi Emas Antam

JAKARTA, iNewsMadiun.id -  Crazy rich asal Surabaya Budi Said menang dalam gugatannya atas sengketa 1,1 ton emas dari PT Aneka Tambang Tbk di tingkat Mahkamah Agung (MA). Putusan ini sudah dipublikasikan oleh MA di laman resminya. “Amar putusan, Kabul,” tulis MA. Amar putusan tersebut tercatat pada tanggal 29 Juni 2022.

Adapun hakim-hakim yang duduk dalam perkara tersebut yakni Hakim P1, Panji Widagdo selanjutnya Hakim P2, Rahmi Mulyati dan Hakim P3, Maria Anna Samiyati.

Putusan itu termaktub dalam nomor register 1666 K/PDT/2022. Belum ada penjelasan terkait amar apa yang dikabulkan. Sebagai informasi, pada Putusan banding yang dibacakan pada 19 Agustus 2021 silam Pengadilan Tinggi Surabaya mengabulkan banding yang diajukan Antam.

Saat itu Pengadilan Tinggi meloloskan Antam dari vonis hukuman membayar Rp817,4 miliar atau setara 1,1 ton sebagaimana yang diputus oleh Pengadilan Negeri Surabaya pada tingkat satu.

Dirangkum Okezone, Rabu (6/7/2022) hal itu karena Budi melaporkan soal kecurangan yang diterimanya ketika beli emas Antam. Sebelum berujung ke meja hijau, Budi sempat ragu saat ditawari diskon harga emas Rp530 juta per kilogram/kg atau Rp530.000 per gram.

 Alasannya, karena harga yang ditawarkan jauh di atas rata-rata. Adapun yang menawari Budi adalah Endang Kumoro, Misdianto, dan Eksi Anggaraini pada 2018 lalu.

Namun, Endang pun sempat menyebut tidak mengetahui soal diskon harga emas itu. Sedangkan, Misdianto menuturkan dalam proses transaski barang menjadi mundur ke 12 hari kerja sejak uang diterima. Lalu, Eksi menerangkan bahwa pembelian dengan harga itu bisa dilakukan dengan syarat penerimaan barang 12 hari kerja setelah transfer.

Akhirnya, mereka berhasil meyakini Budi untuk membeli emas tersebut. Menurut kabar, Budi membeli 7.071 kg emas, yang di mana Eksi bisa dapat Rp70,71 miliar.

Eksi juga mengiming-imingi Budi dengan diskon Rp3,5 triliun jika dia memberikan komisi Rp10 juta per kg. Pada awal pengiriman, Budi hanya dikirim 17,6 kg emas dari 20 kg pertama yang dibeli.

Eksi menjawab kalau sesuai ketentuan maka harus tunggu sampai 12 hari kerja. Budi pun kembali mengeluh bahwa hanya terima 5,9 ton emas dari 7,07 ton yang dibeli dengan harga diskon.Dari pihak Antam mengklaim sudah mengirimkan seluruh emas sesuai dengan uang yang dikirim Budi.

Antam menegaskan tak pernah memberikan harga diskon seperti yang Budi sebutkan. Kini, kasus tersebut pun berlanjut dengan proses hukum yang berlaku.

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan upaya hukum kasasi yang diajukan pengusaha asal Surabaya, Budi Said atas perbuatan melawan Antam. “Amar putusan, Kabul,” seperti yang dilihat dari situs Mahkamah Agung, Sabtu (1/7/2022). Adapun pada 19 Agustus 2021 silam Pengadilan Tinggi Surabaya mengabulkan banding yang diajukan PT Antam.

Pengadilan Tinggi meloloskan Antam dari vonis hukuman membayar Rp817,4 miliar atau setara 1,1 ton sebagaimana yang diputus Pengadilan Negeri Surabaya pada tingkat satu.iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut