Update Perang Rusia Vs Ukraina, PBB Resmi Pecat Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia

Susi Susanti/Okezone
Dewan HAM PBB memutuskan memecat Rusia (Foto: Reuters)

Rusia berada di tahun kedua dari masa jabatan tiga tahun. Di bawah resolusi pada Kamis (7/4), Majelis Umum bisa saja kemudian setuju untuk mengakhiri penangguhan tersebut. Tapi itu tidak bisa terjadi sekarang karena Rusia telah keluar dari dewan, seperti yang dilakukan AS pada 2018 atas apa yang disebutnya bias kronis terhadap Israel dan kurangnya reformasi.

AS tahun lalu terpilih kembali menjadi anggota dewan. Suspensi jarang terjadi. Libya ditangguhkan pada 2011 karena kekerasan terhadap pengunjuk rasa oleh pasukan yang setia kepada pemimpin saat itu Moammar Khadafi.

Dewan HAM tidak dapat membuat keputusan yang mengikat secara hukum. Keputusannya mengirimkan pesan politik yang penting, dan dapat mengizinkan penyelidikan. Bulan lalu dewan tersebut membuka penyelidikan atas tuduhan pelanggaran hak, termasuk kemungkinan kejahatan perang, di Ukraina.

Menurut catatan yang dilihat oleh Reuters, Rusia telah memperingatkan negara-negara bahwa suara ya atau abstain akan dipandang sebagai "isyarat tidak bersahabat" dengan konsekuensi untuk hubungan bilateral.

Rusia mengatakan sedang melakukan "operasi militer khusus">iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network