Antisipasi Kebutuhan Bisnis, PT INKA Kembangkan Program SMK Series ke Ponorogo

Arif Wahyu Efendi
Pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan PT INKA SMK series di SMKN Jenangan Ponorogo, Rabu (23/10/2024). Foto: Humas PT INKA

Ponorogo, iNewsMadiun.id - Mengantisipasi kebutuhan bisnis, termasuk rencana operasi pabrik baru  di Kabupaten Banyuwangi, PT INKA mengembangkan program  Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SMK Series ke SMKN 1 Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Rabu (23/10/2024).

“Selain yang ada di Kota dan Kabupaten Madiun, program SMK Series kali menyasar SMK di Ponorogo. Kegiatan  berupa seminar pengelasan  atau welding dan kelistrikan dengan narasumber kompeten dari INKA Group,” kata General Manager Keuangan, Akuntansi dan TJSL PT INKA (Persero), Edwyn Dwi Cahyo.


Praktek kegiatan TJSL PT INKA di SMKN Jenangan, Ponorogo

Dijelaskan, rencana pengoperasian pabrik baru di Banyuwangi, PT INKA  membutuhkan tenaga kerja terampil. Kebutuhan ini diharapkan bisa dipenuhi dari SMK binaan yang sejak tiga tahun terakhir sudah dikenalkan program pelatihan dan magang.

“Selain diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja di INKA, program pelatihan dan magang pada bidang pengelasan dan kelistrikan juga bisa membantu siswa SMK binaan PT INKA lebih siap memasuki dunia kerja,” kata alumnus FE Universitas Airlangga ditemui di sela kegiatan pelatihan di SMKN  1 Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Seperti diketahui, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT INKA bukan hanya memenuhi kebutuhan gerbong dan lokomotif dari PT KAI, tetapi juga merambah pasar ekspor Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Australia.

Tahun ini, PT INKA juga sedang menuntaskan pesanan gerbong barang pesanan dari perusahaan kereta api di Australia. Kepercayaan pasar yang kuat itu membuat pabrik PT INKA di Madiun nyaris selalu bekerja sesuai kapasitas produksi. 

Karena itu, PT INKA membangun pabrik baru di Banyuwangi yang diharapkan bisa meningkatkan produksi mulai tahun 2025.

Disambut Antusias

Dari pengamatan lapangan, kegiatan SMK Series disambut antusias oleh siswa  SMKN 1 Jenangan. Peserta pelatihan meliputi 360 siswa, terdiri dari 180 untuk jurusan Teknik Pengelasan, 180 siswa jurusan Teknik Otomasi Industri.  

“Peserta dari kelas XI-XII. Namun, sebagian kelas XII  masih menjalani PKL, maka kebijakan sekolah, kelas X pun turut serta. Ini bagus mereka memperoleh bekal  sejak kelas X,” katanya.

Di tengah-tengah acara juga dilakukan demo pengelasan dari welder  PT INKA (Persero) dan berbagai macam hiburan untuk menarik animo siswa. Ada pula beberapa doorprize untuk peserta. 

"Setelah seminar, ada praktik pengelasan, beberapa siswa kami undang untuk praktik di tempat bersama instruktur pengelasan dari INKA," terangnya. 

Edwyn mengharap, dengan adanya acara ini, ke depan pembahasan kerja sama akan dikerucutkan melalui diskusi yang juga melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang akan dituangkan ke sebuah kurikulum yang sesuai untuk kebutuhan industri manufaktur kereta api. 


"Harapannya, kurikulum yang telah disepakati nanti bisa diaplikasikan di sekolah. Adapun siswa yang akan mengikuti pelatihan dan magang nanti tetap harus diseleksi, kemudian kita evaluasi, supaya siswa semakin punya kompetensi dan integritas," pungkas Edwyn. 


Kepala SMKN 1 Jenangan, Sujono, menilai, TJSL INKA SMK Series sebagai wadah para praktisi dunia industri dan pendidikan bertemu, di samping penyegaran siswa sebelum mereka masuk ke dunia kerja.

"SMK Series selain sebagai bentuk kolaborasi INKA dan SMK Binaan, kami melihat kemasan acaranya sangat menyenangkan, terutama untuk para siswa. Jadi tidak terlalu kaku seperti halnya kuliah umum, tapi juga menampilkan kreatifitas siswa dan ada unsur hiburannya," ungkap Sujono.

Setelah ini, TJSL INKA SMK Series bakal  digelar dan diikuti  siswa-siswi  SMKN 1 Madiun di Kota Madiun, SMKN 1 Bendo di Kabupaten Magetan , dan SMKN 1 Kebonsari di Kabupaten Madiun. (Sumber: humas PT INKA)

Editor : Arif Wahyu Efendi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network