NATO Kantongi Lampu Hijau dari AS untuk Pasok Jet Temput ke Ukraina, Jaji Ganti dengan F-16

Nurfikas
AS janji akan mengganti setiap jet tempur yang dikirim ke Ukraina dengan F-16 (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNewsMadiun.id - NATO sudah mengantongi lapu hijau dari Amerika Serikat (AS) untuk memasok jet tempur ke Ukraina untuk digunakan melawan pasukan Rusia. Namun bukan hal sederhana mengirim pesawat tempur yang sesuai ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken mengatakan kepada CBS News, Minggu (6/3/2022), negaranya akan mengganti setiap jet tempur anggota NATO yang dipasok untuk digunakan militer Ukraina.

"Itu sudah mendapat lampu hijau," kata Blinken.

Dia menambahkan, AS sudah bekerja sama dengan Polandia, mengganti setiap pesawat tempur yang dikirim negara itu ke Ukraina. Rencananya Polandia akan mengirim jet-jet tempur MiG untuk digunakan AU Ukraina. Sebagai gantinya, AS akan mengganti setiap MiG yang dikirim itu dengan F-16.

Pada Sabtu lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak anggota parlemen AS untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina guna menghentikan gempuran pasukan Rusia. Permintaan serupa disampaikan Ukraina ke NATO, namun ditolak. Alasannya, NATO tak ingin berperang terbuka melawan Rusia karena akan memberikan efek sangat luas bagi Eropa.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network