Awas!, Rekening Bank Ludes Dibobol, Begini Cara Hacker Mencuri Data Pribadi

Edi Purwanto, Tangguh Yuda
Awas pencurian data bisa berujung dengan pembobolan rekening. Foto: Dok

Setelah korban menanggapi email pertama, penyerang mengirimkan pesan baru, meminta mereka untuk pergi ke situs berbagi file (file-sharing) dan tertaut file PDF dengan pesanan yang sudah selesai, yang dapat ditemukan melalui tautan.

Dengan mengeklik tautan, pengguna akan dibawa ke situs palsu yang dibuat oleh kit phishing terkenal. Ini adalah alat cukup sederhana yang menghasilkan halaman phishing untuk mencuri kredensial dari sumber daya tertentu.

 

Situs phishing akan meniru halaman Dropbox dengan gambar file statis dan tombol unduh. Setelah mengeklik salah satu elemen antarmuka, pengguna dibawa ke halaman login Dropbox palsu yang meminta kredensial perusahaan yang valid.

Saat korban mencoba masuk, nama pengguna dan kata sandi mereka dikirim ke https://pbkvklqksxtdrfqkbkhszgkfjntdrf[.]herokuapp[.]com/send-mail. Di sinilah semua data yang bersifat sensitif bakal dirampas habis oleh para hacker.

Kaspersky mencatat modus phising ini tersebar di seluruh dunia, termasuk negara-negara seperti Rusia, Bosnia dan Herzegovina, Singapura, AS, Jerman, Mesir, Thailand, Turki, Serbia, Belanda, Yordania, Iran, Kazakhstan, Portugal, dan Malaysia.

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network