Netizen Soroti Mahalnya Harga Tiket KA, Dulu Murah tapi Pelayanan Maksimal

Edi Purwanto
Pengguna Kereta Api mengkritik pelayanan. Harga tiket dinaikan tapi pelayanan minimalis. Foto: Tangkapan Layar media sosial

MADIUN, iNewsMadiun.id - Pengguna jasa angkutan kereta api mengkritik harga dan pelayanan kereta api melalui media sosial Twitter. Pengguna bernama Adi dengan akun @Adivnm mem-posting melalui akun media sosialnya.

"Dulu sempet naik KA Argo Parahyangan Luxury 370 K dan selimut disiapkan di kursi sebelum KA berangkat; Iseng tanya prami (pramugari red), katanya selimut di KA Luxury pagi sama siang gaada, tapi kalau mau nanti dibawain. Sekarang harga Rp510K selimut harus minta dulu? SOPnya gimana sih @KAI21," tulis Adi dikutip dari akunnya pada Kamis (16/3/2023).

Adi melanjutkan postingannya, "Maksudnya gini lho, dulu servicenya bisa sesempurna itu dengan harga yang lebih murah. Sekarang sudah naik dan lebih mahal dengan selisih yang nggak sedikit, tapi service pelayanan dikurangi, ndak masuk akal banget sih".

Adi lantas membandingkan dengan pelayanan bus Malang-Jakarta, Kobochan Juragan 99 Trans Rp620K. Bus tujuan Malang-Jakarta ini memberi pelayanan bantal, guling, selimut, free Wi-Fi, Smart TV, dan Private Sleeper. Adapun Argo Parahyangan Luxury KAI Rp510K Jakarta-Bandung tidak memberi bantal, guling, selimut harus minta,  free Wi-Fi tidak ada, Smart Tv tidak ada, sleeper tidak ada, dan sistem hiburannya Audio Video On Demand (AVOD).

"Saya paham betul kereta dengan bus gak bisa dibandingkan karena beda segmen pasar. Tapi come on la @KAI21, dengan harga setinggi sekarang, jangan buat celah dalam pelayanan untuk dikomplain. Harga KA Luxury Jakarta-Bandung selisih Rp110K doang sama bus sleeper Malang-Jakarta," tandasnya.

Sejumlah netizen menanggapi postingan tersebut."Jadi kangen pak Jonan nih liat kualitas KAI sekarang begini," tulis pemilik akun @rhanierahayu.  Pemilik akun @ferdian_s menimpali postingan tersebut, "Jadi inget acara webinar dengan pak Jonan, cerita kalao dulu beliau sempet ngumpulin pejabat KAI di hotel berkelas. Di sana pejabat-pejabatnya diminta lihat toilet hotel. Dan minta toilet di kereta harus sebersih toilet hotel".

Pemilik akun @Adivnm menyentil akun resmi Kereta Api Indonesia di Twitter @KAI21. Tapi tidak ada respon atau tanggapan mengenai kritikan tersebut. Ditelusuri pada akun @KAI21, mereka menyematkan postingan tentang cara mudah memutar lokomotif dengan turn table elektrik. Admin @KAI21 juga memposting update konsidi terkini di KM2+6/7 antara Sta Bogor Paledang-Batutulis (daerah operasi 1 Jakarta), jalur hulu-hilir sudah dapat dilalui. Uji coba perjalanan KA Pangrango dilakukan hari ini (16/3/2023), untuk memastikan jalur aman dilintasi, dan dapat beroperasi normal kembali 17 Maret 2023.

Namun pada balasan twitter akun @adivnm, admin @KAI21 membalas pada Kamis (16/3/2023) sekitar pukul 14.42 WIB, "Selamat siang Kak Adi. Railmin sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kakak alami saat dalam perjalanan KA 36L Argo Parahyangan Tambahan Luxury". Menurut Admin, berdasarkan koordinasi Raimin ke unit terkait, apabila membutuhkan fasilitas selimut pada perjalanan siang hari, kakak dapat konfirmasi kepada kru yang berada di dalam KA. 

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network