Kaesang Terjun ke Politik, Jokowi: Saya Beri Kebebasan, Harus Putuskan Sendiri

Edi Purwanto, Putera Negara Batubara
Presiden Joko Widodo di Jakarta Pusat (foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Kaesang Pangarep terjun ke politik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui putra bungsunya tersebut sudah berbicara secara langsung.  "Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka. Saya tidak mempengaruhi, saya tidak memutuskan," kata Jokowi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).


Kaesang Pangarep Foto: Istimewa

Jokowi menegaskan, seluruh anaknya sudah dewasa dan memiliki keluarga sendiri. Oleh sebab itu, Jokowi tidak akan mempengaruhi keputusan Kaesang. "Karena mereka sudah punya keluarga sendiri, harus bertanggung jawab, harus bisa memutuskan sendiri dan saya tidak akan ikut-ikut," ujar Jokowi. 

Pada kesempatan sebelumnya, Kaesang mengaku tertarik terjun ke dunia politik. Kabar tersebut disampaikan langsung kakaknya yakni Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Selasa (24/1/2023). "Dia secara terbuka menyampaikan ke saya dan bapak tentang ketertarikannya di dunia politik," ujar Gibran.

Terpisah, Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjelaskan di PDIP tak dikenal yang namanya satu keluarga inti (ayah, ibu, dan anak) berada dalam partai politik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Hasto menilai akan lebih baik bila Kaesang masuk ke PDIP.

"Ya sekiranya (Kaesang) mau masuk ke PDI Perjuangan, karena kami ini punya aturan dalam satu keluarga tidak bisa masuk dalam pilihan partai-partai yang berbeda," ujar Hasto di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023). Hasto menilai komitmen satu keluarga tidak masuk partai yang berbeda-beda itu sangat penting untuk dibangun. 

"Karena itu juga menunjukkan suatu emotional bonding, kesadaran, dan pendidikan politik itu dimulai dari keluarga," kata Hasto. PDIP disebut Hasto akan membuka pintu bagi Kaesang untuk bergabung dan mengajukan permohonan untuk bergabung ke PDIP.

Sebab dalam konteks keanggotaan, PDIP menggunakan stelsel aktif. Sehingga siapa pun itu, harus mengajukkan permohonan kalau mau bergabung ke PDI Perjuangan. "Kenapa ada stelsel aktif? Karena itu sebagai sebuah momentum bahwa ketika masuk ke partai, mereka harus menyatukan diri, harus merelatifkan kepentingan individunya, dan mengedepankan kepentingan kolektif partai," tutur Hasto.

https://www.inews.id/news/nasional/kaesang-mau-terjun-ke-politik-jokowi-saya-beri-kebebasan-harus-putuskan-sendiri.

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network