Profil Marques Bolden, Pemain Basket Naturalisasi Indonesia Resmi Dapat Kontrak di Juara NBA 2021

Quadiliba Al-Farabi/Litbang MPI/iNews.id
Marques Bolden tampil mengesankan pada SEA Games 2021 bersama Timnas Basket Indonesia (Foto: Instagram/@marques)

Seperti apa profil Marques Bolden? Marques Bolden tercatat lahir pada 17 April 1998 di Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS). Karier basketnya dimulai sejak berusia 18 tahun dengan bergabung ke klub Cleveland Cavaliers pada musim NBA 2019-2020. 

Bolden sudah menunjukkan kecintaannya terhadap olahraga ini sejak duduk di bangku SMA. Dia bahkan menjadi primadona basket di sekolahnya. Dengan tinggi mencapai 208 sentimeter (cm), dia tak mengalami kesulitan ketika harus bertanding dengan teman-temannya. 

Bahkan, Bolden pernah mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik dari Asosiasi Bola Basket Texas. Penghargaan itu menjadi bukti betapa Bolden punya potensi luar biasa.

Saat berada di jenjang pendidikan tinggi, Bolden membela Duke University. Bolden yang saat itu baru saja bangkit dari cedera kakinya, langsung tampil apik dengan mencetak rata-rata 3,9 poin dan 3,6 rebound dalam pertandingan antar-universitas. 

Tak hanya itu, Bolden sempat masuk Timnas Basket AS kendati tidak diturunkan. Pada akhirnya, Bolden resmi dinaturalisasi dan menjadi WNI pada Juli 2021. Proses naturalisasi Bolden dan kawan-kawan tidak mudah. 

Dia bersama pemain lain sempat diuji oleh Komisi X DPR RI. Untungnya, Bolden berhasil menjawab berbagai pertanyaan, mulai dari makanan khas Indonesia sampai wawasan kebangsaan.

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network