get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

15 Tips Puasa Sehat dr Zaidul Akbar, Makan Kurma hingga Kurangi Konsumsi Gula

Senin, 04 April 2022 | 06:23 WIB
header img
Tips puasa sehat dr Zaidul Akbar ini sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang memperbaiki kesehatan tubuh. (naskah-Ilustrasi: celebrities/Freepik.com)

JAKARTA, iNewsMadiun.id – Tips puasa sehat dr Zaidul Akbar ini bermanfaat bagi yang ingin memperbaiki kesehatan tubuh. Zaidul Akbar mengatakan, ada sejumlah makanan dan minuman yang baik dan menyehatkan untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa, di antaranya air putih, madu dan sejumlah makanan alami lainnya.

Apa saja tips asupan sehat saat berpuasa? Berikut ulasannya, Minggu (3/4/2022).

1. Lemak

 

Saat kita berpuasa, disarankan sahur dengan mengkonsumsi lemak seperti zaitun atau alpukat. Makanan itu mengandung lemak baik, atau biasa dikenal dengan sebutan lemak tak jenuh.

2. Karbohidrat

 

Supaya tidak terlalu lemas, konsumsi cukup karbohidrat, bagi yang ingin tetap aktif dan beraktivitas yang cukup menguras energi. Tapi jangan terlalu banyak, pilih karbohidrat seperti, nasi beras coklat, atau kentang, ubi, singkong.

3. Serat

 

Konsumsi lebih banyak sayur dan buah. Mengonsumsi sayur dan buah cocok direkomendasikan bagi detoksifikasi tubuh. Lantaran seratnya membantu proses metabolisme, apalagi jika sayur dan buah dibuat halus seperti smoothies.

4. Madu

 

Madu bagus dikonsumsi saat sahur. Madu berperan besar sebagai prebiotik bagi tubuh. Prebiotik sendiri merupakan makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Nutrisi ini akan semakin bagus jika bertemu dengan makanan yang mengandung probiotik.

5. Kurma

 

Kurma merupakan buah sunah dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sejak dahulu kala. Biasanya buah ini akan dikonsumsi umat Islam pada bulan Ramadhan. Ustadz dr Zaidul Akbar menyarankan mengonsumsi buah ini setiap harinya. Sebab kurma memiliki kandungan serat, protein, mineral, dan tinggi akan vitamin yang tentunya akan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Tips puasa sehat dr Zaidul Akbar, kurangi konsumsi makanan mengandung gula saat sahur dan berbuka. (Ilustrasi: Freepik.com)

Tips puasa sehat dr Zaidul Akbar, kurangi konsumsi makanan mengandung gula saat sahur dan berbuka. (Ilustrasi: Freepik.com)

6. Minum air putih

 

Minum air putih minimal 2 liter sehari. Untuk detoks tubuh disarankan menambah di atas kapasitas tersebut demi mempercepat proses metabolisme tubuh.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut