get app
inews
Aa Read Next : Mau Berpuasa Dengan Nyaman? Ini Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes dan Hipertensi

Berikut 6 Persiapan Menjelang Ramadan: Mulai Jiwa Raga hingga Dana

Kamis, 24 Maret 2022 | 11:32 WIB
header img

INGAT beberapa hari lagi akan memasuki bulan Ramadan 1443H/2022M. Agar mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala, sebaiknya segala persiapan diri terkait ibadah puasa dan amalan lainnya pun hendaknya dilakukan.

Langsung saja, berikut ini enam persiapan yang perlu dilakukan menyambut bulan Ramadan, sebagaimana dihimpun buku 'Ramadhan di Tengah Wabah' karya Ustadz Ahmad Syaikhu.

1. Berdoa agar dipertemukan dengan Ramadan

Para ulama terdahulu begitu sungguh-sungguh berdoa agar dipertemukan dengan bulan Ramadan. Bahkan, mereka sudah berdoa sejak enam bulan sebelumnya hingga selama enam bulan setelah Ramadan.

2. Membayar utang puasa tahun sebelumnya

Seharusnya setiap Muslim yang memiliki utang puasa sesegera mungkin sebelum datang Ramadan berikutnya. Menunda ganti puasa sampai masuk Ramadan selanjutnya adalah perbuatan dosa.

Namun jika seseorang memiliki kesibukan atau halangan tertentu, misalnya seorang ibu yang menyusui anaknya, bisa diganti pada bulan Syaban.

3. Memahami fikih puasa

Sahabat Mua'dz bin Jabal radhiyallahu anhu mengatakan, "Hendaklah kalian memerhatikan ilmu, karena mencari ilmu karena Allah Subhanahu wa ta'ala adalah ibadah."

Maka itu, melalui ilmu, kaum Muslimin dapat mengetahui cara berpuasa yang benar sesuai petunjuk Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Selain mendapat pahala karena mencari ilmu, juga bisa berpuasa sesuai petunjuk.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut