get app
inews
Aa Read Next : Breaking News, Besok Puasa, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023

Masih Nebak-nebak Kapan Puasa? Berikut Jadwal Lengkap Sidang Isbat dan Puasa Ramadan 2022

Jum'at, 25 Maret 2022 | 13:48 WIB
header img

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Jadwal puasa Ramadhan 2022 sudah ditunggu-tunggu oleh para umat Islam. Agar tidak menebak-nebak lagi, berikut ini jadwal lengkap puasa dan sidang Isbat Ramadhan.

Berapa hari puasa 2022? Semua hanya bisa ditentukan berdasarkan sidang Isbat Kemenag untuk memastikan bulan Ramadhan jatuh pada hari dan tanggal berapa. Sidang Isbat merupakan penetapan awal bulan Ramadhan 1443 hijriyah.

Kapan Sidang Isbat Ramadhan 2022?

Kemenag akan menggelar sidang Isbat secara hybrid, yakni daring dan luring pada 1 April 2022 atau 29 Sya'ban. Setelah itu, jadwal puasa Ramadhan 2022 baru bisa ditetapkan mulai dari tanggal berapa.

Jadwal Puasa Ramadhan 2022

Sebelum penentuan jadwal puasa Ramadhan 2022, Kemenag sendiri akan melibatkan perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam sidang tersebut.

Sidang Isbat penentuan Jadwal Puasa 2022 akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama adalah pemaparan hilal awal Ramadhan 1443 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. 

Kemudian, dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1443 H. Selain berdasarkan data hisab (informasi), sidang Isbat juga akan dilakukan berdasarkan hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan oleh Tim Kemenag di 68 lokasi di Indonesia. i

Tahap terakhir dalam penetapan jadwal puasa Ramadhan 2022, yakni rilis hasil konferensi pers kepada pihak media. Semoga kita bisa meraih banyak rahmat di bulan puasa tahun ini ya!
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut