get app
inews
Aa Read Next : Begini Kesaksian Tentara Ukraina Perang Lawan Rusia: Drone Dibajak hingga Dihujani Artileri

UPDATE Perang Rusia-Ukraina, Rusia Umukan Gencatan Senjata Jumat Pagi, Warga Bisa Evakuasi

Jum'at, 11 Maret 2022 | 09:14 WIB
header img

MOSKOW, iNewsMadiun.id - membuka koridor kemanusiaan untuk warga lima kota, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan gencatan senjata pada Jumat (11/3/2022). Dengan ini warga sipil dapat meninggalkan Ukraina untuk menyelamatkan diri. 

Pengumuman ini disampaikan Kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, Mikhail Mizintsev seperti dikutip oleh kantor berita RIA dan Interfax.

"Mulai pukul 10:00 waktu Moskow pada 11 Maret 2022, Federasi Rusia akan mendeklarasikan 'rezim diam' dan siap memberikan koridor kemanusiaan," kata Interfax, mengutip pernyataan dari Mizintsev.

Gencatan senjata dilakukan di lima kota yakni Kiev, Sumy, Kharkiv, Mariupol dan Chernihiv. Pejabat Ukraina mengeluh, Rusia telah melanggar persyaratan perjanjian sebelumnya. Sebaliknya, Moskow menuduh pasukan Ukraina mengganggu operasi.

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk di televisi nasional mengatakan, tidak seorang pun warga sipil dapat meninggalkan Mariupol pada Kamis (10/3/2022). Dia mengklaim pasukan Rusia gagal menghormati gencatan senjata sementara untuk memungkinkan evakuasi.

RIA, mengutip pejabat mengatakan pihak Ukraina harus memberikan daftar orang dan nomor registrasi kendaraan sebelum koridor dibuka.

Pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Ukraina dan Rusia pada Kamis gagal membawa kesepakatan dalam konflik dua minggu setelah ratusan ribu warga sipil tetap terperangkap di kota-kota Ukraina yang berlindung dari serangan udara dan penembakan Rusia. iNews Madiun
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut