get app
inews
Aa Read Next : Begini Kesaksian Tentara Ukraina Perang Lawan Rusia: Drone Dibajak hingga Dihujani Artileri

PBB: 3 Juta Lebih Orang Mengungsi pergi dari Ukraina

Rabu, 16 Maret 2022 | 10:50 WIB
header img

PRZEMYSL, iNewsMadiun.id - menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), jumlah orang Ukraina yang melarikan diri ke luar negeri melewati 3 juta pada Selasa (15/3/2022). Pertambahan pengungsi ini terjadi di saat warga Ukraina mencari tempat aman dari pertempuran dan pengeboman pasukan Rusia.

Data Badan Pengungsi PBB (UNHCR) menunjukkan bahwa pada hingga Selasa sekira 3.000.381 orang telah meninggalkan Ukraina. Angka ini didasarkan pada rencana bantuannya pada 4 juta pengungsi, tetapi UNHCR mengatakan angka itu kemungkinan akan meningkat.

Setelah serangan Rusia di pangkalan militer Yavoriv dekat Lviv pada Minggu (13/3/2022), beberapa orang dari Ukraina barat kini telah bergabung dengan arus pengungsi melintasi perbatasan.

"Semua orang menganggap Ukraina Barat cukup aman sampai mereka mulai menyerang Lviv," kata Zhanna, seorang ibu dari Kharkiv, yang sedang menuju ke Polandia, sebagaimana dilansir Reuters.

"Kami meninggalkan Kharkiv menuju Kirovohrad," katanya di stasiun kereta api Przemysl, kota terdekat dengan perbatasan tersibuk Polandia dengan Ukraina. "Kami ingin tinggal di sana. Kami tidak ingin pergi ke luar negeri."

"Kemudian mereka mulai menyerang Kirovohrad, mereka mulai menyerang Lviv dan sulit untuk menghindari bom dengan seorang anak kecil," katanya, menambahkan bahwa suaminya telah tinggal di Ukraina.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut