get app
inews
Aa Read Next : 5 Amalan di Bulan Syaban, Nomor 4 Sering Diremehkan

Inilah 3 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Memiliki Banyak Keberkahan, Nomor 3 Paling Dasiat

Rabu, 09 Maret 2022 | 13:56 WIB
header img

MALAM Nisfu Syaban selalu dinantikan kaum Muslimin karena mengandung banyak keutamaan. Bulan Syaban 1443H sendiri dimulai pada Jumat 4 Maret 2022M, dan malam Nisfu Syaban akan jatuh pada 17 Maret sejak bakda magrib.

Malam Nisfu Syaban kerap disebut dengan Lailatul Baro'ah atau malam pengampunan dosa, malam berdoa, dan malam pembebasan. Ini saat semua buku amal ibadah manusia ditutup dan diganti dengan lembaran baru. Oleh karena itu, umat Islam bisa melakukan amalan-amalan yang baik ketika malam Nisfu Syaban.

Setidaknya ada tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban, sebagaimana disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Simak selengkapnya berikut ini, seperti telah MNC Portal rangkum.

1. Memperbanyak baca Alquran

Salamah bin Kahil berkata:

كَانَ يُقَالُ شَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ القُرَّاء

"Dahulu bulan Syaban disebut pula dengan bulan membaca Alquran."

وَكَانَ عَمْرٌو بْنِ قَيْسٍ إِذَا دَخَلَ شَهْرُ شَعْبَانَ أَغْلَقَ حَانَوَتَهُ وَتَفْرُغُ لِقِرَاءَةِ القُرْآنِ

"Amr bin Qois ketika memasuki bulan Syaban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Alquran."

Abu Bakr Al Balkhi berkata:

شَهْرُ رَجَبٍ شَهْرُ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سَقْيِ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حِصَادِ الزَّرْعِ

"Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Syaban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil." (Lihat Fatwa Al Islam Sual wa Jawab Nomor 92748)

2. Memperbanyak istigfar

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia dengan kesehariannya yang bergelimang dosa. Namun kendati manusia berdosa, Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Oleh karena itu, meminta ampunan dengan cara beristigfar sangat dianjurkan terlebih lagi di malam Nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, "Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. Istigfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut