get app
inews
Aa Read Next : Begini Kesaksian Tentara Ukraina Perang Lawan Rusia: Drone Dibajak hingga Dihujani Artileri

UPDATE Perang Rusia-Ukraina, Rusia Hentikan Serangan ke 4 Kota di Ukraina

Senin, 07 Maret 2022 | 14:58 WIB
header img

MOSKOW, iNewsMadiun.id - Gencatan senjata sementara diumumkan Rusia di beberapa kota Ukraina pada Senin (7/3/2022). Ini dilakukan sebagai bagian dari dibukanya koridor kemanusiaan. Penghentian serangan berlaku mulai pukul 10.00 waktu Moskow.

Kantor berita Interfax, mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, melaporkan beberapa kota yang akan diterapkan sebagai koridor kemanusiaan adalah Kharkiv, Mariupol, Sumy, dan Kiev.

Pengumuman ini disampaikan atas permintaan Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada Vladimir Putin saat mereka melakukan pembicaraan telepon pada Minggu kemarin. Pada kesempatan itu, Macron menyampaikan gentingnya kondisi kemanusiaan di beberapa kota yang mengalami pertempurang sengit.

Melalui koridor kemanusiaan ini, warga sipil akan diberi kesempatan meninggalkan zona pertempuran serta masuknya berbagai bantuan, termasuk medis, bagi mereka yang bertahan.

Menurut Kemhan Rusia, mereka yang ingin meninggalkan Kiev akan diterbangkan ke Rusia. Ditegaskan, Rusia akan mengerahkan drone untuk memantau evakuasi warga sipil serta sebagai upaya agar pihak Ukraina tidak bisa menipu Rusia dan seluruh dunia.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut