get app
inews
Aa Read Next : Tolong! Ada Warga Dolopo Madiun Meninggal Dunia di Sleman, Ini Identitasnya

Bikin Terharu, Satu Keluarga asal Malang Donasikan Kornea Mata dan Tubuh untuk Kemanusiaan

Selasa, 10 Oktober 2023 | 17:08 WIB
header img
Satu keluarga donasikan kornea mata dan tubuh untuk kepentingan kemanusiaan. Foto:iNews.id

MALANG, iNewsMadiun.id - Kisah mulia bikin haru Kota Malang. Sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, mendonasikan kornea mata dan tubuhnya untuk kepentingan kemanusiaan. Yang sudah mulai disumbangkan adalah kornea mata milik mendiang sang ibu, Hana Rosilawati. Kornea mata ini ditransplantasikan ke bocah 8 tahun asal Blitar. Sedangkan jenazah Hana disumbangkan untuk keperluan pendidikan dan kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Jenazah Hana Rosilawati saat ini dalam proses pengantaran di rumah duka Panca Budhi, Kota Malang.

Suami Hana, Soesanto mengatakan bahwa dia bersama istrinya ingin berguna meski sudah meninggal dunia. Ia dan istrinya sepakat akan mendonasikan jenazahnya saat meninggal dunia untuk kepentingan pendidikan dan orang yang membutuhkan.

 “Saya membuat surat wasiat dengan istri saya pada bulan Desember 1986 untuk menyerahkan jenazah saya jika saya meninggal kepada fakultas kedokteran,” kata Soesanto seperti dilansir iNews.id, Selasa (10/10/2023).

Dr Dicky, perwakilan Bank Mata cabang Malang, mengatakan kornea mendiang Hana telah berhasil ditransplantasikan ke bocah lelaki berusia delapan tahun asal Blitar pada pekan lalu. Satu kornea lagi akan ditransplantasikan ke pasien lain. “Rabu ini rencananya akan ada kornea lagi,” kata dr Dicky.

Kemuliaan pasangan ini diturunkan kepada anak-anaknya. Putri Soesanto, Debora Hartati, juga berencana mendonorkan mata dan tubuhnya jika meninggal. "Iya mama sudah membuat dua orang buta bisa melihat, aku ingin mereka berdua menjadi pendonor jenazah" kata Debora.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut