get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Berikut Resep Roti Maryam Cemilan yang Cocok untuk Ahir Pekan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:01 WIB
header img

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Kalian bingung mau buat kuliner apa weekend? bagai mana kalau buat  roti Maryam aja. Roti Maryam merupakan jajanan gurih dan lezat yang digemari banyak orang. Roti ini juga kerap disebut sebagai roti cane di India karena berasal dari Chennai (Madras), di Malaysia dan Singapura disebut Prata, Palata (Myanmar), di China roti maryam dikenal dengan Yin Du Jiang Bing yang artinya biskuit panggang India, sedangkan di Eropa dikenal sebagai Flying Bread (roti terbang).

Roti ini memiliki keunikan, teksturnya menyerupai jaring-jaring yang menyatu, terdapat lapisan tetapi tidak menempel satu sama lain. Bentuknya bulat dan berwarna kekuningan.

Biasanya, roti Maryam paling nikmat disantap dengan tambahan toping cokelat, keju, atau bagi mereka yang suka rasa pedas, bisa dipadukan dengan kuah kari.

Cara membuat roti Maryam tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan bahan utama tepung terigu. Selain itu, tepung dicampur dengan margarin, minyak Samin, susu, dan lainnya.

Hidangan ini juga cocok disajikan akhir pekan saat Anda berkumpul bersama keluarga. Penasaran ingin membuat roti Maryam yang enak dan lembut? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @puspitawulandari89, Sabtu (22/1/2022).

Bahan:

500 gr tepung cakra⁣

3 kuning telur⁣

100 gr margarin/butter⁣

50 gr minyak samin⁣

1/2 gelas minyak goreng⁣

100 ml susu cair⁣

225bml air hangat⁣

Garam⁣

200 gr margarin + 50 ml minyak samin untuk olesan.

Cara membuat:⁣

1. Campur jadi satu tepung cakra, telur, margarin, garam, susu dan air. Uleni sampai rata.⁣

2. Masukkan minyak goreng dan minyak samin. Uleni lagi sampai adonan kalis.⁣

3. Tutup adonan yang telah kalis dengan plastik cling wrap. Diamkan 1 jam⁣

4. Bagi adonan dan bulatkan 50 gr, beri minyak sedikit. Lakukan sampai adonan habis. Tutup lagi dengan plastik cling wrap. Diamkan 1 jam⁣.

5. Ambil 1 adonan, lebarkan hingga tipis, oles dengan margarin+minyak samin, lalu gulung dan tarik memanjang bentuk seperti konde berlawanan arah. Lakukan sampai adonan habis. Diamkan lagi sampai sejam.⁣

6. Panggang roti maryam dengan cara dipipihkan terlebih dahulu.⁣

7 Note: Semakin kalis adonan mudah ditarik dan dibentuk. Adonan menjadi lentur. Hasil setelah masak juga garing. iNews Madiun

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut