get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Ungkap Alasan Titik Nol IKN Jadi Tempat untuk Menyatukan Air dan Tanah

Perancangan Ibu Kota Baru Akan Menggunakan Metaverse, Gimana Hasilnya Ya?

Senin, 17 Januari 2022 | 14:33 WIB
header img

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Sangat futuristi, perancangan ibu Kota Negara (IKN) baru akan menggunakan metaverse. Konsep tersebut diharapkan dapat rampung dalam 4 bulan ke depan. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Suharso Monoarfa, mengatakan penggunaan metaverse agar bentuk awal ibu kota baru dapat dilihat secara interaktif. 

"Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram, tapi sekarang ada metaverse. Kami sedang mempersiapkan kota Ibu Kota Negara itu dalam bentuk metaverse," kata Suharso dalam rapat DPR, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Kata dia, metaverse merupakan konsep dunia digital yang direalisasikan dalam bentuk yang lebih nyata dibandingkan yang ada saat ini. Nantinya akan rampung sekitar 4 bulan kedepan.

Adapun, konsep ini ramai diperbincangkan setelah CEO Meta dan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menawarkan dunia baru

"Jadi bukan lagi dalam bentuk maket, bukan juga dalam bentuk hologram, tapi sudah reaktif gitu, nah ini sedang dikerjasamakan, semoga 4 bulan bisa dilihat," ungkap Suharso.

Saat ini,  konsep metaverse sendiri diperkenalkan oleh Neal Stephenson pada 1992 dan makin populerMetaverse adalah masa depan internet yang ada kaitannya dengan video game. iNews Madiun

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut