get app
inews
Aa Read Next : Ustadz Yusuf Mansur Pamit Lebaran Idul Fitri Hari Jumat, 21 April 2023

Hujan Meteor Warnai Malam Takbiran, Fenomena Apa Ini?

Sabtu, 22 April 2023 | 02:41 WIB
header img
Ilustrasi (Antara)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Fenomena alam langka yakni hujan meteor lyrid terjadi pada malam takbiran Idul Fitri 21-22 April 2023. Masyarakat Indonesia bisa melihat dengan jelas fenomena langka apabila cuaca cerah. "Sepanjang malam lebaran ini, 21-22 April 2023, kalau daerah kamu cerah, kamu berkesempatan melihat hujan meteor Lyrid yang akan mencapai puncak aktivitasnya," tulis Instagram Info astronomi dikutip Jumat (21/4/2023).

Ada banyak meteor yang bisa diamati di langit Jumat malam. Pengamatan ini dilakukan bila cuaca cerah dan lokasi pengamatan bebas polusi cahaya. Hujan meteor lyrid terlihat cukup unik, karena menampilkan pemandangan seperti debu bercahaya yang dapat diamati selama beberapa detik. Pancaran meteor lyrid akan muncul 15 sampai 20 meteor setiap jam.

"Sesuai namanya, titik kemunculan hujan meteor ini adalah dari arah rasi bintang Lyra, yang terbit mulai jam 23.00 malam," demikian tulis Infoastronomy.

"Untuk Lyrid, titik radiannya adalah rasi bintang Lyra, yang akan terlihat di arah timur laut mulai pukul 23.00 malam waktu daerahmu," imbuh keterangan tersebut.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut