get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Mengaku Pusing kala Mengurus Piala Dunia

FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Berikut Pernyataan Lengkapnya

Rabu, 29 Maret 2023 | 23:43 WIB
header img
Indonesia dipastikan gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023. (Foto: FIFA)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Indonesia akhirnya batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA telah mencoret Indonesia sebagai tuan rumah setelah terjadi pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Dhoha, Qatar, Rabu (29/3/2023).

Penolakan kedatangan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 memicu polemik. FIFA akhirnya memutuskan untuk membatalkan jadwal drawing. Keadaan tersebut membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terbang ke Doha, Qatar untuk bertemu dengan Presiden FIFA. Hal itu untuk membahas berbagai opsi, agar Piala Dunia U-20 tetap diadakan di Indonesia. Namun, akhirnya FIFA memutuskan untuk melepas Indonesia sebagai tuan tumah.

Setelah bernegosiasi, kondisi yang ada di Indonesia disebut tak ideal untuk menggelar Piala Dunia U-20. “Karena kondisi yang ada, FIFA memutuskan untuk melepas Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

Pernyataan lengkap FIFA pada rilis resminya:

“Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino, dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, FIFA memutuskan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena situasi terkini. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal yang tak mengalami perubahan. Potensi sanksi kepada PSSI juga akan ditentukan nantinya.”

“FIFA ingin menggarisbawahi jika terlepas dari keputusan ini, kami tetap berkomitmen untuk membantu PSSI secara aktif dan bekerjasama, serta dengan dukungan dari pemerintahan di bawah Presiden Jokowi, proses transformasi  sepak bola Indonesia tetap berjalan, menyusul tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota dari tim FIFA akan tetap ada di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Erick Thohir.”

“Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk berdiskusi lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.”

https://www.inews.id/sport/soccer/breaking-news-fifa-resmi-coret-indonesia-sebagai-tuan-rumah-piala-dunia-u-20-2023.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut