get app
inews
Aa Read Next : Gerhana Matahari Total Akan Melintasi Amerika Utara pada 8 April 2024

Gerhana Matahari Hibrida Terjadi saat Umat Islam Berburu Lailatul Qadar, Fenomena Apa Ini?

Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:40 WIB
header img
Gerhana Matahari Hibrida Bakal Terjadi pada 20 April (Foto: LAPAN)

MADIUN, iNewsMadiun.id - Gerhana matahari hibrida diperkirakan terjadi tepat di hari ke 21 bulan suci Ramadhan yang jatuh pada 20 April 2023. Disebut gerhana matahari hibrida karena Gerhana Matahari yang memiliki dua macam gerhana berbeda yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan. Fenomena dimulai dengan Gerhana Matahari Cincin dan berubah menjadi Gerhana Matahari

Kemudian, dari gerhana matahari totsl kembali menjadi gerhana matahari cincin dalam waktu singkat. Meskipun belum terjadi, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa telah memberikan simulasi ketampakan Gerhana Matahari Hibrida dari Biak, Papua pada 20 April 2023 melalui akun Instagram resmi LAPAN.  "Semoga kita nanti dapat mengamatinya ya #kawanBRIN," bunyi cuitan di akun Instagram resmi LAPAN terkait fenomena tersebut. 

Dikutip dari situs LAPAN, Gerhana Matahari terjadi akibat bayang-bayang Bulan mengenai Bumi, di mana cahaya Matahari yang menuju Bumi pada siang hari terhalang bulatan Bulan. Diameter Bulan tidak lebih besar dari diameter Bumi, maka Gerhana Matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan Bumi dan berlangsung kurang lebih tujuh menit.  Walaupun Bulan berukuran kecil, Bulan mampu menghalangi cahaya Matahari karena Bulan lebih dekat dari Bumi yakni dengan jarak rata-rata 384.400 km. Sementara jarak Matahari ke Bumi rata-rata 149.680.000 km.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut