get app
inews
Aa Read Next : Ini yang Terjadi di Langit Indonesia saat Gerhana Matahari Hibrida, Pertunjukan Sihir Koin Emas

Gerhana Matahari Total Akan Melintasi Amerika Utara pada 8 April 2024

Jum'at, 29 Maret 2024 | 22:04 WIB
header img
Gerhana matarahari total. FOTO: Tangkapan Layar/Sindonews/ ASTRONOMY MAGAZINE

MADIUN, iNewsMadiun.id -- Fenomena langka di langit Amerika Utara yakni gerhana matahari total diperkirakan terjadi pada 8 April 2024. Fenomena ini terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, menyebabkan Matahari tertutup sepenuhnya dan pengamat di bawahnya mengalami kegelapan seperti saat fajar atau senja.

Jalur totalitas gerhana ini akan melintasi beberapa negara bagian di Amerika Serikat, termasuk Meksiko, Texas, Midwest, dan sebagian Kanada, sebelum berakhir di Maine. Gerhana matahari total seperti ini terjadi sekitar setiap 18 bulan di berbagai tempat di Bumi, dengan yang terakhir terjadi di AS pada 21 Agustus 2017.

Dilansir dari laman Sindonews pada Jumat (29/3/2024), sebuah tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Universitas Aberystwyth akan melakukan eksperimen di dekat Dallas, Texas, tepat di jalur totalitas. Tim ini terdiri dari mahasiswa PhD dan peneliti dari Aberystwyth University, Nasa Goddard Space Flight Center, dan Caltech.

Eksperimen ini bertujuan untuk mempelajari Matahari dengan cara yang unik dan berharga, terutama terkait dengan mahkota Matahari, bagian terluar atmosfer yang sangat panas. Meskipun para ilmuwan belum sepenuhnya memahami bagaimana panas ini dihasilkan, gerhana matahari total dapat memberikan data penting untuk menjawab pertanyaan ini.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut