get app
inews
Aa Read Next : Hasil Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam 6-0, STY Ucapkan Terima Kasih tapi Belum Puas

Tumpul Menyerang Solid Bertahan, Indonesia U-20 Pulang dengan Kepala Tegak dari Uzbekistan

Selasa, 07 Maret 2023 | 23:26 WIB
header img
Pemain Timnas Indonesia U-20 Dzaky Asraf (bawah) terjatuh saat berebut bola dengan pesepak bola Timnas U-20 Uzbekistan Esanov Sherzod dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa (7/3/20230). Timnas Indonesia u-20 tersingkir dari Piala Asia U-20 usai ditahan imbang Uzbekistan 0-0. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom/sindonews.

FERGANA, iNewsMadiun.id - Timnas Indonesia U-20 tumpul menyerang tapi solid bertahan. Penampilan anak asuh Shin Tae-yong ini berhasil meredam Uzbekistan pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 2023. Duel yang berakhir 0-0 itu berlangsung di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3/2023) malam (WIB). Hasil ini menjadikan Uzbekistan juara Grup A, sementara Indonesia pulang dengan kepala tegak meski tersingkir dari Piala Asia U-20 2023. Garuda Nusantara finis di posisi tiga dengan koleksi 4 poin.

Indonesia sebenarnya sama-sama memiliki poin yang sama dengan Irak yang bermain imbang 1-1 melawan Suriah. Namun, Irak lebih berhak maju ke perempat final karena unggul agregat dan selisih gol.

Uzbekistan mengawali pertandingan dengan sabar dalam membangun serangan. Namun, cara itu terbukti ampuh untuk menekan pertahanan Indonesia. Pada 10 menit pertama, dua pemain Indonesia melakukan kesalahan tak perlu di lini pertahanan. Pertama, kiper Daffa Fasya melakukan clearance tak sempurna, lalu Arkhan Fikri passingnya diintersep lawan. Beruntung, Uzbekistan tak mampu memaksimalkan peluang itu.

Peluang untuk Indonesia akhirnya lahir pada menit 15'. Berawal dari tendangan bebas Arkhan Fikri, bola muntahan di kotak penalti disambut oleh Hugo Samir. Dua kali tembakan dilepaskannya, sayangnya diblok dan yang kedua melenceng dari sasaran. Gawang Indonesia hampir kebobolan pada menit 21'. Beruntung, tendangan jarak dekat pemain Uzbekistan mampu dihalau oleh Kakang Rudianto.

Pada menit 30', Akhorov menciptakan shot on target bagi Uzbekistan. Fans Indonesia bisa lega karena Daffa Fasya cekatan menghalau sepakan jarak dekat lawannya. Uzbekistan terus-menerus meneror pertahanan Indonesia menjelang akhir babak pertama. Sementara Indonesia berhasil meredam gaya permainan taktis Uzbekistan. Babak Pertama usai, kedua tim imbang 0-0.

Indonesia memulai babak kedua dengan peluang Hokky Caraka di kotak penalti.  Tapi sayang kontrol bolanya kurang baik. Seperti babak pertama,  Uzbekistan seperti kesulitan menembus pertahanan Indonesia pada awal babak kedua ini. Peluang mereka baru muncul pada menit 52'. Berawal dari umpan lambung dari tengah lapangan, Pulatov menyundul bola tapi tidak tepat sasaran.

Semenit setelahnya, kapten Indonesia Muhammad Ferarri menciptakan peluang shot on target. Menyambut lemparan panjang Robi Darwis, Ferarri menyundul bola dari jarak dekat yang kemudian ditepis kiper Uzbekistan, Boymurodov. Pada menit 70, Uzbekistan kembali mendominasi permainan. Berbagai serbuan dilakukan dari berbagai sisi pertahanan Indonesia. Garuda Nusantara mampu menahan gempuran sang tuan rumah dengan baik.

Pada menit 80', Indonesia mengambil insiati serangan. Berawal dari tusukan Frengky Missa, Ronaldo Kwateh kemudian melepaskan tembakan yang dihalau bek Uzbekistan. Sepakan penjuru didapat Indonesia, tapi peluang didapat lewat lemparan ke dalam setelahnya. Ferarri lagi-lagi mengancam gawang Uzbekistan, hanya saja sundulannya tak disambut rekan setimnya di tengah kotak penalti.

Beberapa menit kemudian, Uzbekistan gantian mengancam. Bahkan mereka hampir mencetak gol kalau saja bola tidak membentur mistar gawang. Pada menit 87', Nico Alfriyanto dan Rabbani Tasnim masuk menggantikan Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka. Dua tenaga baru diharapkan bisa memunculkan gol bagi tim Shin Tae-yong.

Uzbekistan gencar menyerang pada pengujung laga. Gawang Daffa Fasya diserbu yang untungnya bisa dibantu oleh pertahanan Indonesia. Indonesia tumpul dalam menyerang, tapi solid dalam bertahan. Hasilnya tak ada gol tercipta. Kedua tim bermain imbang 0-0 sampai akhir laga.

Susunan Pemain Indonesia U-20 vs Uzbekistan U-20 di Piala Asia U-20 2023:

Indonesia U-20 (4-4-2):

Daffa Fasya (GK); Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Robi Darwis, Dony Tri Pamungkas; Arkhan Fikri, Achmad Maulana, Dzaky Asraf, Hugo Samir; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh

Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan U-20 (4-2-3-1):

Boymurodov; Pulatov, Khusanov, Ashurov, Utamurodov; Kholdorkhonov, Rakhmonaliev; Fayzullaev, Ortikboev, Akhrorov; Esanov Pelatih: Ravshan Khaydarov

https://www.inews.id/sport/soccer/timnas-indonesia-tersingkir-dari-piala-asia-u-20-2023-usai-imbang-lawan-uzbekistan.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut