get app
inews
Aa Read Next : Perang Israel vs Hamas Palestina, Korban Tewas Tembus 1.100 Orang

Gempa Cianjur Terkini, Korban Tewas 272 Orang, 62.545 Orang Mengungsi

Kamis, 24 November 2022 | 20:00 WIB
header img
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat konferensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur. Saat ini, jumlah korban meninggal akibat gempa sebanyak 272 orang. (FOTO: RICKY SUSAN)

CIANJUR, iNewsMadiun.id - Jumlah korban Gempa Cianjur terkini. BNPB merilis total korban tewas 272 orang, yang teridentifikasi 165 jenazah, dan 107 jenazah belum teridentifikasi. Jumlah korban hilang 39 orang, 32 orang warga Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, dan 7 orang warga pelintas. "Nah korban yang hilang ini sudah teridentifikasi nama dan keluarganya, sehingga ini memudahkan pencarian oleh tim SAR gabungan sebanyak 6.000 orang," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Suharyanto menyatakan, jumlah korban luka 2.046 orang, jumlah pengungsi sebanyak 62.545 orang. Pada hari keempat penanganan gempa Cianjur, tim pencari menemukan satu jenazah. Sehingga, total korban meninggal dunia sebanyak 272 orang."Hari ini kita menemukan satu orang jenazah atas nama Ibu Nining (64) warga Kampung Sarampad RT 01/02 Kecamatan Cugenang," ujar Suharyanto. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, tim SAR gabungan masih melaksanakan proses evakuasi. Petugas menggunakan alat berat dan anjing pelacak di titik bencana longsor yang dipicu gempa bumi Cianjur.  “Evakusi tanah dan reruntuhan bangunan sudah berjalan dengan baik sampai saat ini dengan bantuan anggota TNI beserta anggota Polda Jabar untuk memback up bencana gempa bumi di Cianjur,” kata Ibrahim

Ibrahim menyatakan, faktor cuaca memang menentukan proses evakuasi korban. Terlebih, masih ada desa yang terisolir karena akses jalan yang terputus. "Jumlah korban yang berhasil ditemukan Kamis 24 November 2022 berjumlah 11 jenazah, terdiri atas laki-laki empat, tiga perempuan, dan anak-anak empat," ujar Ibrahim Tompo.

Artikel ini telah tayang di https://jabar.inews.id/berita/bnpb-272-orang-meninggal-akibat-gempa-cianjur-39-dalam-pencarian/all.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut