get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Tembak Rudal Hulu Ledak Nuklir Tiruan Milik Rusia

Rusia Puji Presiden AS soal Rudal Ukraina Nyasar Polandia, Joe Biden Bantah Klaim Zelensky

Kamis, 17 November 2022 | 14:14 WIB
header img
Rusia menyebut rudal yang menghantam Polandia adalah sistem pertahanan milik Ukraina (Foto: Reuters)

Terpisah, Rusia menyebut rudal yang menghantam Polandia pada Selasa lalu adalah milik militer Ukraina. Rudal itu diidentifikasi sebagai S-300 bagian dari sistem pertahanan Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan serangan pasukannya terhadap wilayah Ukraina berjarak sekitar 35 kilometer dari perbatasan Polandia, sehingga tak mungkin melewati batas negara.

Kemhan memastikan ledakan di Desa Przewodow yang menewaskan dua orang itu tak ada hubungannya dengan Rusia. “Foto-foto yang dirilis pada 15 November malam di Polandia, dari puing-puing yang ditemukan di Desa Przewodow, secara jelas diidentifikasi oleh ahli industri pertahanan Rusia sebagai bagian dari rudal anti-pesawat dari sistem pertahanan udara S-300 Angkatan Udara Ukraina," bunyi pernyataan, Kemhan Rusia, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/11/2022).

Kremlin menyebut beberapa negara Barat, khususnya Polandia, terlalu histeris dengan kejadian itu. Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, sejumlah negara membuat pernyataan tak berdasar mengenai keterlibatan Rusia tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.  "Kami telah menyaksikan reaksi Rusiafobia yang histeris dan hiruk pikuk, tidak didasarkan pada data nyata apa pun. Reaksi yang hiruk pikuk seperti itu menunjukkan, tidak perlu terburu-buru menghakimi dengan pernyataan yang bisa memperburuk keadaan. Apalagi di saat-saat genting seperti ini," kata Peskov.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut