get app
inews
Aa
Read Next : Ukraina Tembak Rudal Hulu Ledak Nuklir Tiruan Milik Rusia

Rusia Puji Presiden AS soal Rudal Ukraina Nyasar Polandia, Joe Biden Bantah Klaim Zelensky

Kamis, 17 November 2022 | 14:14 WIB
header img
Rusia menyebut rudal yang menghantam Polandia adalah sistem pertahanan milik Ukraina (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNewsMadiun.id - Rudal Ukraina nyasar Polandia membuat perang Rusia-Ukraina makin panas. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden membuat pernyataan berbeda dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Joe Biden membantah pernyataan Zelensky yang mengatakan bahwa rudal nyasar ke Polandia bukan berasal dari Ukraina. Pernyataan Joe Bidan ini langsung mendapat pujian dari Rusia. 

Joe Biden membantah pernyataan Volodymyr Zelensky soal rudal nyasar Polandia (Foto: Reuters)

 "Bukan seperti itu bukti-bukti," kata Biden, saat ditanya wartawan di Gedung Putih, dikutip dari Reuters, Kamis (17/11/2022). Zelensky berkeras bahwa ledakan yang menewaskan dua orang warga Polandia, sekitar 6 km dari perbatasan Ukraina itu bukan disebabkan rudal Ukraina

"Saya yakin itu bukan rudal kami," kata Zelensky, Rabu (16/11/2022). Dia menegaskan ledakan yang menewaskan dua orang itu disebabkan oleh rudal Rusia. Pernyataan itu didasarkan pada laporan militer Ukraina yang menurutnya bisa dipercaya.

AS dan Polandia menegaskan bukti yang ditemukan di lokasi rudal itu adalah sistem pertahanan S-300 milik militer Ukraina. Rudal ditembakkan untuk mencegat serangan udara Rusia namun nyasar ke Polandia. "Dari informasi yang kami dan sekutu dapat itu adalah roket S-300 buatan Uni Soviet, roket tua dan tidak ada bukti bahwa itu diluncurkan oleh pihak Rusia. Sangat mungkin itu diluncurkan oleh sistem pertahanan anti-pesawat Ukraina," kata Presiden Polandia Andrzej Duda. Selain Rusia, rudal sistem pertahanan S-300 selama ini digunakan juga oleh Ukraina.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut