get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Mengenal Sekte Apokaliptik yang Diduga Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres Jakarta Barat

Rabu, 16 November 2022 | 15:58 WIB
header img
Ilustrasi

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Apokaliptik. Nama sekte ini tiba-tiba viral setelah penemuan mayat satu keluarga di Kalideres Jakarta Barat. Satu keluarga yang diduga penganut sekte apokaliptik antara lain pasangan suami istri RY (71)-RN (68), anak perempuan DF (42) dan adik dari RY berinisial DG (69).  

Apa yang dimaksud dengan apokaliptik?

Dalam ilmu teologi, Apokaliptik artinya adalah keseluruhan pikiran-pikiran, angan-angan, dan bayang-bayang yang menonjol dalam beberapa tulisan Yahudi dari tahun 300 - 100 SM. Ajaran diketahui memiliki nama-nama samaran, simbol-simbol angka, bahasa sandi hingga ilmu kemalaikatan. Dikutip dari buku 'Dari Aleksander Agung Sampai Bar Kokhba' karya Prof Dr H Jagersma gerakan apokaliptik banyak muncul dalam masa penindasan dan penghambatan.

Apokaliptik memberikan keberanian dengan menggaris bawahi semua kekuasaan, termasuk negara-negara terbesar di dunia, tak akan bertahan dan akhirnya nanti kerajaan Allah, zaman keselamatan akan datang. Hanya saja, berdasarkan buku 'Kepemimpinan Apostolat Rasul' karya Wendy Sepmady Hutahaean ajaran apokaliptik (pewahyuan) banyak yang melenceng dari ajaran Tuhan Yesus.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut