get app
inews
Aa Read Next : Akar Masalah Pemberontakan PKI Madiun, Salah Satu Pemicu Berkurangnya Wilayah Indonesia

Ini Link Film G30S PKI: Ringkasan, Durasi dan Jumlah Pemainnya yang Dulu Wajib Ditonton

Jum'at, 30 September 2022 | 19:16 WIB
header img
Ilustrasi Film G30S PKI (Dok. Radio Edukasi Kemdikbu)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Film G30S PKI biasanya tayang pada tanggal 30 September malam. Sejumlah stasiun televisi biasanya menyiarkan film yang tayangannya wajib ditonton oleh masyarakat Indonesia. Untuk memperingati G30SPKI kamu bisa menyimak link yang akan dicantumkan pada artikel berikut ini. Melansir buku 'Demokrasi di Era Digital' terbitan Yayasan Pustaka Obor Indonesia, ada enam teori terkait dalang peristiwa G30S PKI.

Film G30S PKI mengisahkan peristiwa G30S PKI dari penculikan para jenderal hingga pembunuhannya yang terjadi pada 30 September 1965. Film ini disutradarai oleh Arifin C Noer. Dalam buku 'Pengakuan Algojo 1965' terbitan Tempo Publishing, dijelaskan pembuatan film ini melibatkan lebih dari 10.000 pemain dan memakan biaya yang besar. 

 Film yang durasinya hampir 4 jam ini wajib ditonton sebagai bahan pembelajaran siswa di sekolah terkait pengkhianatan G30S/PKI di zaman Pemerintahan Soeharto. Namun pada 1998, kewajiban menonton film G30S PKI dihentikan oleh Presiden Habibie.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut